Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Android Nougat Sudah Dua Digit

Kompas.com - 10/07/2017, 13:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, populasi sistem Android 7.0 Nougat merangkak naik. Sistem operasi Android teranyar ini pada awal Juli tercatat sudah menyentuh angka "dua digit".

Sebanyak 11,5 persen perangkat Android yang beredar saat ini sudah menjalankan Nougat, menurut data distribusi OS Android yang dirilis oleh Google.

Angka tersebut naik dari 9 persen yang tercatat sebulan sebelumnya pada Juni lalu, seiring dengan makin banyaknya jumlah perangkat yang mendapat update Nougat dari vendor masing-masing.

Asus, misalnya, telah mulai menyalurkan update Nougat untuk perangkat ZenFone 3 Zoom dan Laser pada bulan Juni, begitu juga Motorola X Play dan X Force serta sejumlah model dari Lenovo dan Sony.

Nougat bukan satu-satunya versi Android yang mengalami kenaikan populasi. Versi sebelumnya, Android 6.0 Marshmallow, tercatat juga mengalami pertumbuhan jumlah perangkat dari 31,2 persen bulan lalu menjadi 31,9 persen.

Sementara, populasi versi Android yang lebih lawas cenderung turun. Seperti misalnya Android 5.0 Lollipop yang berkurang dari 30,8 persen ke 30,1 persen di periode yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (10/7/2017).

Sejumlah versi Android yang sudah sangat uzur tercatat masih eksis, meski dengan persentase populasi di bawah satu persen, yakni Gingerbread (Android 2.3.3-2.3.7) dan Ice Cream Sandwich (Android 4.0.3- 4.0.4).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com