Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendanaan Palapa Ring Paket Timur Sudah Terpenuhi

"Sebelumnya, pada tanggal 29 September 2016 lalu, saya selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) dan PT Palapa Timur Telematika telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Istana Negara yang disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia," kata Rudiantara dalam keterangan resmi yang KompasTekno terima, Rabu (29/3/2017).

"Setelah 6 (enam) bulan melewati serangkaian proses pemenuhan pembiayaan dan pemenuhan persyaratan pendahuluan, maka pada hari ini, Rabu (29/3/2017), melalui surat pernyataan menyatakan bahwa Perjanjian Kerja Sama berlaku efektif," imbuhnya.

Setelah efektif, PT Palapa Timur Telematika, selaku pelaksana pembangunan Palapa Ring Paket Timur, diwajibkan untuk melaksanakan proses konstruksi. Jangka waktu yang ditetapkan untuk proyek tersebut adalah selama 18 bulan.

Telan biaya Rp 5 triliun

PT Palapa Timur Telematika sendiri merupakan konsorsium yang terdiri dari Moratelindo, IBS, dan Smart Telecom.

Ada juga PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) selaku Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) dalam memberikan penjaminan pemerintah serta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selaku Underwriter, Mandated Lead Arranger dan Bookrunner, sekaligus sebagai Agen Fasilitas, Agen Jaminan dan Agen Penampungan Proyek Palapa Ring Paket Timur.

Baca: Menkominfo Tanggapi Tudingan Miring Tender Palapa Ring Timur

PT BNI bersama Bank Sindikasi bakal mengucurkan dana kredit untuk mendanai Palapa Ring Paket Timur sebesar Rp 4 trilun. Total biaya pembangunan sendiri dikatakan bakal menelan biaya Rp 5,13 triliun.

Proyek Palapa Ring Timur ditargetkan akan rampung di tahun 2019 sehingga daerah-daerah yang berada di paket timur sudah dapat menikmati akses broadband.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh Operator Telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh Pemerintah

Ada tiga paket pembangunan yang disebut "Proyek Palapa Ring". Ketiganya adalah Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Perkembangan Proyek Palapa Ring Paket Barat dan Tengah telah selesai perjanjian kerja sama, telah memenuhi skema pendanaan dan telah dimulai pembangunannya. Pembangunan Palapa Ring Barat bahkan telah mencapai 60 persen.

Proyek Palapa Ring Paket Timur akan menjangkau 35 kabupaten/kota yang tersebar dan menjangkau wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur (2 kabupaten), Maluku (3 kabupaten), Papua (23 kabupaten), dan Papua Barat (7 kabupaten). Total panjang jaringan mencapai 8.454 km yaitu 50 persen merupakan kabel fiber optik laut, 45 persen kabel fiber optik darat, dan 5 persen microwave links.

Baca: Mangkrak 10 Tahun, Proyek Palapa Ring Ditargetkan Rampung 2018

https://tekno.kompas.com/read/2017/03/29/12310047/pendanaan-palapa-ring-paket-timur-sudah-terpenuhi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke