Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Pelanggan Berbayar Spotify Ungguli Apple Music

Sebelumnya, pada Maret 2017, Spotify mengumumkan jumlah subscriber baru, 50 juta. Artinya ada penambahan 10 juta subscriber dalam kurun waktu tak sampai setengah tahun.

Peningkatan bisnis Spotify digadang-gadang menjadi pendorong perusahaan tersebut melempar saham publik perdana alias Initial Public Offering (IPO), sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (1/8/2017).

Menurut rumor yang beredar, Spotify berencana IPO pada akhir tahun ini. Pihak Spotify masih enggan berkomentar.

Diketahui, kejayaan Spotify berbanding terbalik dengan SoundCloud sebagai kompetitornya. Beberapa pekan terakhir SoundCloud diisukan segera berhenti beroperasi.

Baca: Spotify Disebut Batal Caplok SoundCloud

Kantor pusat SoundCloud telah ditutup dan PHK besar-besaran dilakukan. Semua ini untuk menyelamatkan keuangan perusahaan yang stagnan karena tak kunjung memonetisasi layanannya.

Sebanyak 175 juta orang mendengar musik di SoundCloud tiap bulannya, namun tak teridentifikasi berapa yang terdaftar sebagai pengguna. Selain itu, mereka mendengarkan lagu-lagu di SoundcCloud secara gratis.

Selain SoundCloud, Apple Music juga merupakan kompetitor Spotify namun masih tertinggal jauh. Baru 27 juta orang yang menjadi subscriber Apple Music.

Di Spotify sendiri, selain 60 juta subscriber, ada 140 juta orang yang mendengar musik secara aktif tiap bulannya. Meski sedang mendominasi, Spotify tak boleh lengah karena industri music streaming semakin sesak oleh berbagai layanan seperti Tidal, Amazon Music, hingga Google Play Music.

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/01/09420077/jumlah-pelanggan-berbayar-spotify-ungguli-apple-music

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke