Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membandingkan Penyerapan iOS 10 dan Android Nougat

Sistem operasi iOS 10 sendiri merupakan versi yang diperkenalkan pada 13 Juni 2016, lantas pertama kali tersemat pada iPhone 7 dan 7 Plus keluaran September 2016.

Selanjutnya di bawah iOS 10 masih ada perangkat iOS yang betah dengan iOS 9, yakni sekitar 9 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (3/8/2017), dari PhoneArena.

Adapun yang memakai iOS lebih lawas tinggal secuil, sekitar 3 persen. Laporan ini menunjukkan minat tinggi para pengguna iOS untuk terus memperbarui sistem operasinya.

Tentu saja antusiasme pengguna tersebut berkat kompatibilitas gadget Apple dengan iOS terbaru. Sebagian besar iPhone dan iPad lawas dan seluruh keluaran terbaru sudah pasti mendukung iOS teranyar.

Ke depan, iOS 11 yang diperkenalkan pada 28 Juni 2017 pun akan segera tersemat pada lini iPhone teranyar keluaran September mendatang.

Bagaimana dengan Android?

Berbanding terbalik, sistem operasi Android Nougat keluaran Agustus 2016 justru belum dominan. Baru sekitar 10 persen pengguna Android yang menggunakannya, padahal versi lebih baru Android O sudah diperkenalkan pada Mei lalu.

Pengguna Android masih betah menggunakan versi Marshmallow keluaran 2015, yakni sebesar 31 persen. Di bawahnya ada 22 persen pengguna Android Lollipop 5.1 keluaran 2014.

Versi yang lebih lawas seperti Android KitKat, Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, dan Gingerbread pun masih memiliki basis massa. Masing-masing secara berurutan sebanyak 18,1 persen, 8,8 persen, 0,8 persen, dan 0,8 persen, dari keseluruhan perangkat Android yang beredar di pasaran.

Hal ini menunjukkan para pengguna Android lebih susah move on ketimbang pengguna iOS. Salah satu faktornya juga karena perangkat Android lebih beragam dan diproduksi banyak vendor, sementara perangkat iOS hanya diproduksi Apple.

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/03/10463647/membandingkan-penyerapan-ios-10-dan-android-nougat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke