Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buka Tautan di Facebook Bakal Lebih Cepat

Layanan yang didirikan Mark Zuckerberg itu sesumbar bahwa pengguna tak perlu lagi menunggu lama untuk memuat alias loading tautan pada News Feed. Tak disebutkan kecepatannya bakal meningkat berapa persen.

Yang jelas, Facebook mengidentifikasi beberapa faktor yang membuat loading tautan pada News Feed terasa lama. Yang paling umum adalah kondisi jaringan selular pengguna dan kecepatan umum sebuah situs untuk merespons pengunjung.

Nah, dua masalah itu ditangani dengan strategi pengaturan News Feed oleh Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (3/8/2017), dari Newsroom Facebook.

Situs-situs yang berat akan ditunda kemunculannya pada News Feed pengguna ketika kondisi jaringannya tak mendukung. Sembari mendahulukan situs-situs yang ringan, Facebook bakal otomatis memuat situs-situs berat sebelum pengguna bertemu tautannya dan mengkliknya.

“Cara ini bisa mempersingkat waktu loading hingga 25 persen,” begitu tertera pada blog resmi Facebook.

Pembaruan ini bakal berlaku secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang. Di satu sisi, pembaruan ini bisa membuat pengalaman pengguna Facebook lebih nyaman ketika menggulir News Feed.

Tapi di sisi lain, ini bakal merugikan penyedia situs. Terlebih jika situs mereka memang menyimpan konten yang berat. Lantas, bagaimana solusinya?

Facebook mengajak para penyedia situs untuk meningkatkan performanya untuk versi mobile melalui beberapa tahap yang bisa diintip di tautan ini.

Baca: Berapa Banyak Orang Buka Facebook Tiap Hari?

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/03/13080077/buka-tautan-di-facebook-bakal-lebih-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke