Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungi Kominfo dan Istana, Apa Hasil Diskusi CEO BlackBerry?

Kunjungan John Chen ke Tanah Air pertama-tama bertemu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, pada Rabu (9/8/2017), di Kantor Kominfo, Medan Merdeka, Jakarta.

Lantas pada Kamis (10/8/2017) kemarin, John Chen bertamu ke Istana Merdeka untuk silaturahmi dengan pemerintah pusat. Lantas, seperti apa hasil diskusi dengan pemerintah?

“Menkominfo sangat positif. Dia sebenarnya sudah mengunjungi fasilitas keamanan kami di Dusselforf, Jerman, dan melihat sistemnya bekerja,” John Chen bercerita.

“Saya harap ini (software keamanan BlackBerry) adalah sesuatu yang akan digunakan pemerintah Indonesia,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, John Chen sesumbar software keamanannya telah memiliki jejak dominasi di Amerika Serikat dan Kanada. Menurut dia, keamanan cyber dan manajemen risiko adalah hal nomor satu untuk keberlangsungan bisnis maupun lembaga pemerintahan.

“Marketshare (software keamanan) kami dominan di sektor perbankan, asuransi, medis, firma hukum, dan pemerintah. Ini sangat penting,” John Chen mengungkapkan.

Meski demikian, John Chen enggan melontarkan sejauh mana pembicaraan kerja sama soal software keamanan BlackBerry dengan pemerintah Indonesia. Ia mengklaim pemerintah tertarik, namun belum mau mengiyakan apakah sudah ada kesepakatan hitam di atas putih.

“Lebih baik tanya ke pemerintah (Indonesia),” ujarnya.

BlackBerry telah melepas lisensi untuk produk ponsel merek “BlackBerry” dan layanan pesan singkat “BBM” ke beberapa perusahaan lokal di India, China, dan Indonesia, pada 2016 lalu.

Di Indonesia, Tiphone Mobile Indonesia Tbk yang merupakan afiliasi dari PT Telekomunikasi Indonesia ditunjuk sebagai pemegang lisensi produk ponsel. Bersama BlackBerry, Tiphone membuat sebuah perusahaan joint venture yang dinamakan PT BB Merah Putih.

Lantas untuk aplikasi pesang singkat BBM, BlackBerry menyerahkannya pada perusahaan Elang Mahkota Teknologi (EMTEK).

Baca: BlackBerry KeyOne yang Lebih Tangguh Dirilis Bulan Depan?

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/11/11000097/kunjungi-kominfo-dan-istana-apa-hasil-diskusi-ceo-blackberry-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke