Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy Note 8 Resmi Berkamera Ganda Paling Unik dan Serba Dual

Galaxy Note 8 yang masuk ke dalam kategori phablet (smartphone dengan layar antara 5-7 inci) ini menjadi penerus lini Galaxy Note Samsung sebelumnya, yakni Galaxy Note 7. 

CEO Samsung, DJ Koh di atas panggung acara peluncuran mengatakan, “Kami berada di sini karena Anda semua, passion Anda yang menjadi value kami, menjadi hadiah terbesar bagi kami agar bisa menembus batas.”

Galaxy Note 8 pada dasarnya adalah Samsung Galaxy S8+ yang ukuran layarnya diperbesar, dengan penambahan fitur khas Galaxy Note, seperti pena digital S Pen dan aplikasi penunjang produktivitas.

Sementara Senior Vice President Product Strategy Samsung, Justin Denison mengatakan, Galaxy Note 8 menjadi seri Note dengan layar terbesar yang pernah dibuat oleh Samsung.

Galaxy Note 8 mengusung layar QHD Super AMOLED dengan ukuran 6,3 inci dengan ujung membulat. Walau ukuran layar Galaxy Note 8 lebih besar dari S8+, Galaxy Note 8 juga mengusung teknologi layar tanpa tepi alias Infinity Display, dengan rasio layar sinematik yang sama pula dengan S8+, yakni 18,5:9.

Dari segi hardware, Galaxy Note 8 tidak jauh berbeda dengan Galaxy S8+, yakni chipset Exynos 8895 (Asia) atau Snapdragon 835 (Eropa/AS).

Kamera ganda terunik

Fitur andalan utama Galaxy Note 8 adalah kamera ganda di bagian belakang. Galaxy Note 8 menjadi debut Samsung dalam mengenalkan teknologi kamera ganda di smartphone-nya, setelah vendor smartphone lain lebih dulu melakukannya.

Namun, walau masuk ke persaingan smartphone kamera ganda belakangan, Samsung menghadirkan dual camera terunik yang belum dimiliki vendor lain.

Galaxy Note 8 oleh Samsung dibekali fitur kamera serba dual, yakni dual pixel, dual lens (wide dan tele), dan dual OIS. Hebatnya lagi, dua kamera Galaxy Note 8 bisa digunakan mengambil foto sekaligus.

Foto yang ditangkap oleh kamera Galaxy Note 8 juga bisa diubah-ubah titik fokus dan kedalaman bidang (bokeh) foto. Pengguna bisa mengatur ingin fokus dimana, apakah obyek di latar depan atau belakang, serta tingkat blur yang bisa diubah-ubah.

Selain kamera, Samsung Galaxy Note 8 membawa pembaruan aplikasi Apps Pair, yang untuk pertama kalinya dikenalkan Samsung dalam perangkatnya. Apps Pair memasangkan dua aplikasi (bisa dipilih pengguna) yang keduanya bisa dibuka sekaligus. Kedua aplikasi akan ditampilkan secara split screen atas-bawah di layar smartphone Galaxy Note 8.

Sebagai contoh, membuka aplikasi peramban Google Chrome sekaligus peta Google Maps, atau aplikasi browser dengan YouTube. kedua aplikasi akan menampilkan hasil pencarian dengan keyword yang sama.

Samsung juga memberikan peningkatan untuk pena digital S Pen. Kini, ujung pena dibuat lebih kecil dan tajam. Aplikasi Air Command yang bisa dibuka oleh S Pen juga bertambah, dari 6 aplikasi menjadi 10 aplikasi. Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa ditampilkan oleh Air Command yang diakses dengan cara mengetukkan S Pen di layar itu.

Selain itu, Samsung juga memperbarui fitur Screen Off Memo. Jika di seri Galaxy Note sebelumnya, fitur Off Screen Memo (menulis catatan dengan layar Galaxy Note tetap mati) hanya bisa menyimpan satu halaman, maka di Galaxy Note 8 kali ini bisa menyimpan hingga 100 halaman.

Galaxy Note 8 tersedia dalam varian warna hitam, biru, emas, dan abu-abu.

Baca: Ini Dia, Spesifikasi Lengkap Galaxy Note 8

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/23/22491877/galaxy-note-8-resmi-berkamera-ganda-paling-unik-dan-serba-dual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke