Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Ditinggalkan Remaja Lebih Cepat dari yang Dibayangkan

Ramalan soal remaja bakal sepenuhnya meninggalkan Facebook sudah terendus lama. Namun, menurut firma penelitian eMarketer, jangka waktunya lebih cepat dari yang dibayangkan sebelumnya.

eMarketer memprediksi jumlah penguna aktif bulanan Facebook berusia remaja (12 - 17 tahun) di Amerika Serikat bakal merosot 3,4 persen pada 2017. Jika benar, persentase penurunannya lebih signifikan ketimbang 2016 lalu yang cuma 1,2 persen.

Penurunan minat juga dialami pengguna Facebook berusia 18 hingga 24 tahun di Amerika Serikat. Menurut ramalan eMarketer, pertumbuhan pengguna Facebook untuk kelompok usia itu bakal mandek di angka 0,8 persen pada 2017.

Secara keseluruhan pengguna aktif bulanan Facebook meningkat 2,4 persen di Amerika Serikat menjadi 172,9 juta. Angka itu lebih tinggi dari yang diprediksi sebelumnya, menyusul semakin banyak pengguna internet usia tua yang masuk.

"Kami melihat remaja bermigrasi ke Instagram dan Snapchat. Kedua platform itu sukses menarik perhatian karena cara berkomunikasinya cocok dengan remaja masa kini, yakni lewat visual," begitu tertulis pada laporan eMarketer, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (24/8/2017).

Meski demikian ini bukanlah kabar buruk bagi Facebook. Jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu agaknya sudah lebih dulu mengendus nasibnya bakal berlabuh ke pengguna internet usia tua.

Karenanya, Facebook mencaplok Instagram sebagai amunisi untuk menjadi ladang anak muda. Dengan begitu Facebook tak benar-benar kehilangan massa berusia muda.

"Facebook beruntung karena memiliki Instagram. Para pengiklan (yang tadinya beriklan di Facebook) masih bisa menyasar pengguna muda lewat Instagram," kata analis eMarketer, Debra Aho Williamson.

eMarketer mengestimasi pengguna aktif Snapchat untuk usia 18 hingga 24 tahun bakal tumbuh signifikan tahun ini, mencapai 19,2 persen. Lantas pengguna aktif Instagram untuk usia 12 hingga 17 tahun digadang-gadang bakal tumbuh 8,8 persen.

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/24/11043827/facebook-ditinggalkan-remaja-lebih-cepat-dari-yang-dibayangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke