Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa sekarang Google Assistent bisa bahasa Indonesia,” terang Product Management Director Google Search, Ken Tokusei dalam acara Google for Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

“Google Assistant ini memiliki machine learning, yakni mesin yang bisa belajar dan terus belajar sehingga kinerjanya lebih baik,” imbuhnya.

Kemampuan berbahasa Indonesia itu tak cuma disematkan dalam Google Assistant sebagai aplikasi terpisah. Pengguna yang memakai layanan pesan instan Allo juga mendapatkan manfaat serupa.

Sebagai contoh, pemahaman mesin Google soal bahasa Indonesia itu dapat dilihat dari rekomendasi stiker yang muncul saat pengguna mengetik obrolan dalam Allo.

Biasanya rekomendasi yang relevan hanya muncul jika mengetik dalam bahasa Inggris. Namun dengan adanya pembaruan tersebut, maka pengguna bisa mendapatkan rekomendasi relevan meski bicara dalam bahasa Indonesia.

Aspek lainnya adalah saat pengguna meminta Google Assistant untuk mencari informasi tertentu di kolom obrolan. Pengguna tak perlu lagi menggunakan bahasa Inggris, ketika saja dalam bahasa Indonesia.

Contohnya, “@google: cari restoran indonesia di dekat sini,” maka jawaban hasil penelusuran internet pun akan disodorkan dengan akurat di kolom obrolan Allo.

“Google Assistant yang ada di Allo sekarang bisa bisa bahasa Indonesia. Setiap kata-kata bahasa Indonesia yang muncul akan dikenal, dan sebagai contohnya, Allo akan menyarankan stiker yang sesuai konteks percakapan,” tambah Product Manager Google Allo, Adam Rodriguez, di acara yang sama.

https://tekno.kompas.com/read/2017/08/24/16153657/aplikasi-google-assistant-kini-bisa-bahasa-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke