Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto di Peta Google Street View Bakal Lebih Bening

Google sudah bertahun-tahun menjalankan proyek Street View yang memotret dan merekam jalanan dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Tapi selama delapan tahun proyek berjalan, baru kali ini Google memperbarui kameranya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (6/9/2017), kamera tersebut kini bisa dipakai merekam gambar dalam resolusi high definition (HD). Artinya, pengguna Street View nanti akan bisa melihat gambar dengan warna lebih bening, jelas dan lebih detail.

Selain itu, Google juga membuat kamera ini bisa menyuplai data mentah untuk diolah menjadi algoritma image recognition. Teknologi ini akan bermanfaat untuk memastikan atau mencocokkan data dan informasi bisnis dalam peta, misalnya seperti nama tempat, jam buka, metode pembayaran yang diterima, serta berbagai hal lain.

Baca: Teknologi di Balik Google Street View Edisi Indonesia

Foto jalanan dan pemetaan yang akurat juga bakal lebih menguntungkan, baik untuk Google atau perusahaan lain. Contohnya dalam hal pengembangan teknologi kendaraan otonomos, atau tanpa sopir.

Google mengatakan mereka bekerja sama dengan Waymo, salah satu unit usaha Alphabet, dalam pengembangan teknologi mobil otonomos. Namun sekarang masih belum jelas sedalam apakah kerja sama itu.

Mobil Street View dengan kamera baru ini mulai mengaspal di jalanan Amerika Serikat sejak Agustus 2017. Rencananya, Google bakal melepasnya di jalanan negara lain untuk merekam berbagai tempat di seluruh dunia.

https://tekno.kompas.com/read/2017/09/07/20130057/foto-di-peta-google-street-view-bakal-lebih-bening

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke