Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Desktop Google Drive Segera Pensiun

Dukungan untuk aplikasi desktop Google Drive, baik untuk PC ataupun Mac, akan dihentikan pada 11 Desember tahun ini. Pengguna bakal memperoleh notifikasi berisi pemberitahuan soal itu mulai bulan Oktober.

Sebagai ganti aplikasi Drive, Google menyiapkan aplikasi baru bernama Backup and Sync. Aplikasi yang sekaligus menggantikan Google Photos Uploader tersebut memiliki fungsionalitas dan cara kerja yang kurang lebih serupa dengan Drive.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (8/9/2017), layanan cloud storage Google Drive sendiri akan tetap ada dan tak mengalami perubahan sehingga tetap bisa diakses seperti biasa, baik dari web, smartphone, ataupun Backup and Sync.

Baca: Foto di Peta Google Street View Bakal Lebih Bening

Aplikasi Backup and Sync ditujukan bagi pengguna umum. Untuk kalangan bisnis, Google menawarkan aplikasi Drive File Stream. Fungsi Drive File Stream mirip dengan Backup and Sync, tapi ada sejumlah perbedaan penting.

Drive File Stream, misalnya, bisa melakukan streaming file dari cloud tanpa harus menyimpan file secara lokal di komputer. Sebaliknya, Backup and Sync mesti menempatkan copy file secara lokal, baru kemudian di-backup ke layanan cloud Google Drive.

Drive File Stream juga ditampilkan sebagai mounted drive di komputer, sementara Backup and Sync menampilkan My Drive sebagai shortcut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan dua aplikasi pengganti Google Drive ini, silakan kunjungi tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2017/09/08/11460067/aplikasi-desktop-google-drive-segera-pensiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke