Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksi Tembak Badai Irma Berawal dari Ajakan di Facebook

DI tengah rasa takut dan panik, ada sebuah event group di Facebook yang terpampang dengan nama “Shoot at Hurricane Irma” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Tembak ke arah Badai Irma”.

“Oh jadi badai bernama Irma ini bakal menghantam kalian, mari tunjukkan bahwa kita yang menembak duluan,” begitu kalimat ajakan yang tertera pada event group.

Tak dinyana, kalimat sederhana itu menjadi viral. Tak kurang dari 80.000 orang tertarik dengan ajakan tersebut. Sebanyak 24.000 bahkan bersikeras menghadiri acara yang dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat di hari Minggu (10/9/2017).

Banyak yang mengira minat para netizen di grup tersebut untuk berkumpul dan menembak pusat badai Irma secara bersamaan adalah sebuah guyonan. Namun, melihat intensitas obrolan yang semakin ramai, kepolisian setempat angkat bicara.

“Untuk klarifikasi, jangan menembak dengan senjata ke arah #Irma. Anda tak akan menghentikannya dan efeknya justru semakin bahaya,” kata kantor kepolisian Pasco County di Twitter.

“Saya kira tak ada yang bakal menganggap ini serius. Ternyata mereka serius dan ini agak di luar kontrol,” kata Edwards, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (12/9/2017) dari CNet.

Pada Minggu pagi waktu setempat, banyak orang benar-benar melakukan tembakan ke arah badai Irma. Beberapa bahkan mengunggah foto aksi mereka ke Facebook.

Alhasil, banyak pengguna Facebook yang mengkritisi guyonan Edwards dan Murphy. Menurut mereka, guyonan itu sama sekali tak lucu dan berdampak makin buruk.

“Sebelum Anda berusaha melempar kalimat sarkas, Anda perlu tahu bahwa setengah populasi pengguna senjata adalah orang yang sebodoh Anda. Ini membahayakan banyak orang,” kata pengguna Facebook bernama Larry Larson.

Baca: 15 Tahun Lalu, Pesawat Garuda Menembus Badai Es dan Mendarat di Bengawan Solo

https://tekno.kompas.com/read/2017/09/12/06443727/aksi-tembak-badai-irma-berawal-dari-ajakan-di-facebook

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke