Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zuckerberg Lepas Saham Facebook Rp 168 Triliun

Dengan harga per lembar saham di angka 170 dollar AS, berarti saham yang akan dilepas sang pendiri dan CEO Facebook tersebut bisa mencapai 12,7 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 168 triliun.

Ada apa gerangan? Rupanya Zuckerberg ingin mendanai Chan Zuckerberh Initiative, organisasi amal yang didirikannya bersama sang istri, Priscilla Chan, pada 2015 lalu.

“Kami punya banyak pekerjaan di Chan Zuckerberg Initiavite, bersama ilmuwan, pendidik, dan dokter di seluruh dunia yang butuh dukungan hari ini, bukan berdekade-dekade mendatang,” tulis Zuckerberg dalam sebuah posting di Facebook Jumat kemarin.

Baca: Cerita di Balik Jalan Zuckerberg di Kampung Cyber Yogyakarta

Awalnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Minggu (24/9/2017),Zuckerberg berencana membuat kategori saham baru di Facebook yang tidak memberikan hak voting kepada pemegangnya.

Namun, belakangan nilai saham Facebook terus naik sehingga Zuckerberg cukup menjual sebagian kecil sahamnya saja agar bisa mendapatkan dana berjumlah besar untuk yayasan Chan Zuckerberg Initiative. Rencana membuat kategori saham baru pun dibatalkan.

“Saya tegaskan, ini tak mengubah rencana saya dan Priscilla untuk melepas 99 persen saham Facebook yang kami miliki sepanjang hidup,” ujar Zuckerberg.

Zuckerberg memang pernah berjanji akan melepas hampir seluruh kepemilikannya atas Facebook untuk beramal. Kalau ditotal, saham Facebook yang dimiliki Zuckerberg bernilai 70 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 930 triliun.

https://tekno.kompas.com/read/2017/09/24/15050097/zuckerberg-lepas-saham-facebook-rp-168-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke