Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pixel 2 dan Pixel 2 XL Tak Perlu Pakai Kartu SIM

Syaratnya, pengguna merupakan pelanggan alias subscriber Project Fi, yakni mobile virtual network operator (MVNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS, dan internet. Layanan itu dibuat atas kerja sama Google dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia.

Hingga kini belum ada smartphone yang menggunakan standar eSIM. Teknologi mutakhir tersebut baru saja diimplementasikan Apple pada Watch generasi ketiga.

“Ini artinya Anda tak perlu lagi ke toko untuk membeli kartu SIM. Terkoneksi dengan layanan eSIM secepat mengoneksikan ponsel Anda dengan Wi-Fi,” kata Product Manager Product Fi Google, Joy Xi.

Baca: Google Luncurkan Android Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Harganya?

Mengoneksikan eSIM ke jaringan Project Fi di Pixel 2 maupun Pixel 2 XL bisa dilakukan melalui Google Store. Jika selama ini sudah menjadi pelanggan Project Fi, maka cukup aktifkan di duo perangkat teranyar.

Ada pilihan “SIM-free” di pengaturan untuk diklik, lantas Google akan mengaturkan koneksi untuk Anda via Project Fi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (5/10/2017) dari TheVerge.

eSIM dinilai sebagai solusi praktis bagi pengguna smartphone di masa depan, terutama bagi mereka yang kerap ganti-ganti perangkat. Tak perlu bongkar-pasang kartu SIM fisik, cukup tergabung di Project Fi dan memverifikasi eSIM secara digital.

“Kami bakal bekerja sama dengan lebih banyak rekan industri untuk mendorong adopsi dari eSIM,” Joy Xi menuturkan.

Perlu dicatat, pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang masih mau pakai kartu SIM konvensional tetap dimungkinkan. Kedua lini menyediakan slot nano-SIM. eSIM dijadikan sebagai opsi yang lebih praktis untuk pengguna di negara-negara yang sudah diekspansi Project Fi.

Pixel 2 dan Pixel 2 Plus hadir dengan fitur-fitur baru dan spesifikasi layaknya perangkat flagship. Ada Google Lens yang membuat kamera lebih pintar mengenali obyek, dan music recognition untuk mengidentifikasi judul lagu dan penyanyinya ketika mendengar musik di tempat umum.

Kamera utamanya berkualitas 12 megapiksel dengan dual-pixel. Meski belum dual-camera, DxOMark memberikan skor tertinggi yang otomatis mengalahkan pamor Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus.

Beberapa spesifikasi Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah prosesor Snapdragon 835, RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB/128 GB, sistem operasi Android Oreo, USB-C, anti-debu dan anti-air IP67, serta ukuran layar secara berurutan 5 inci dan 6 inci.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

https://tekno.kompas.com/read/2017/10/05/10220007/pixel-2-dan-pixel-2-xl-tak-perlu-pakai-kartu-sim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke