Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Western Digital Bikin Harddisk 40 TB dengan Microwave

Ke depan, angka tersebut bakal makin meningkat seiring dengan penerapan teknologi baru untuk mendongkrak kapasitas, misalnya microwave-assisted magnetic recording (MAMR) .

Teknologi yang dikembangkan oleh Western Digital ini diklaim mampu menghasilkan harddisk dengan luas ruang storage mencapai 40 TB (40.000 gigabyte).

“Komersialisasi teknologi MAMR akan membuka jalan bagi kepadatan media yang lebih tinggi, sekaligus ongkos produksi per terabyte yang lebih rendah untuk harddisk,” ujar VP Research Western Digital John Rydning, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (15/10/2017).

Western Digital tengah mengembangkan head (unit pembaca dan perekam data) harddisk jenis baru yang bernama “spin torque oscillator”.

Head ini menghasilkan medan microwave yang memungkinkan data ditulis di medium magnetik (piringan harddisk) dengan medan magnet yang lebih rendah dibanding harddisk konvensional.

Alhasil, Western Digital mampu memadatkan lebih banyak data di luas area fisik yang sama, mencapai lebih dari 4 terabit per inci persegi.

Untuk mengurangi turbulensi udara dari pergerakan komponen, Werstern Digital bakal mengisi ruang internal harddisk dengan gas helium, seperti yang sudah diterapkan di lini produk harddisk enterprise besutannya saat ini.

Western Digital mengatakan bahwa harddisk berteknologi MAMR akan mulai muncul untuk pasar data center pada 2019. Sementara, kapasitas 40 TB ditargetkan akan tercapai pada 2025 mendatang.  

https://tekno.kompas.com/read/2017/10/15/16070097/western-digital-bikin-harddisk-40-tb-dengan-microwave

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.