Salin Artikel

Janji Bos Twitter Berantas Ujaran Kebencian

Dalam kicauannya, Dorsey menulis bahwa dirinya akan mengambil sikap yang lebih agresif untuk mengurangi angka pelecehan dan ujaran kebencian di Twitter.

Dorsey mengatakan dalam akun Twitter pribadinya bahwa pihaknya telah bekerja keras untuk memperbaharui kebijakan dalam dua tahun terakhir. Namun langkah tersebut belumlah cukup.

Mulai beberapa minggu ke depan, Dorsey mengumumkan akan mulai memberlakukan peraturan baru guna membatasi konten seksual yang tidak diinginkan, konten berisi ketelanjangan, simbol kebencian, kelompok kekerasan, dan tweet yang mengagungkan kekerasan.

Aksi tersebut dinilai tidak pantas karena berurusan dengan privasi seseorang. Tagar #WomenBoycotTwitter telah di-retweet banyak orang, termasuk pemeran Hulk dalam serial Avenger, Mark Ruffalo.

Baca: Perangi Hoax, Pemerintah Fokus Literasi Digital dan Tata Medsos

Tulisan ini kemudian disambut oleh pengguna Twitter. Salah satunya produser musik terkenal, Gigamesh.

"Ikuti peraturanmu dan ban @realDonaldTrump" tulisnya.

Di Indonesia sendiri, ujaran kebencian dan penyebaran berita palsu tergolong tinggi.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pada Februari 2017 silam, media sosial menyumbang angka 92,4 persen terhadap penyebaran hoax dan ucapan kebencian.

https://tekno.kompas.com/read/2017/10/17/18010897/janji-bos-twitter-berantas-ujaran-kebencian

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.