Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Lompati Intel dengan Teknologi Chip 8 nm

Di sisi lain, meski sebenarnya menggarap pasar berbeda, Intel yang sama-sama memiliki fasilitas produksi chip masih belum merilis prosesor 10 nm. Chip 10 nm Intel dijadwalkan baru hadir pada 2018 atau 2019, namun dijanjikan bakal memiliki "kepadatan fitur" yang lebih tinggi.

Samsung menggunakan proses "low power plus" (LPP) dengan litografi berbasis ultraviolet ekstrim yang sebelumnya juga diterapkan untuk fabrikasi 10nm.

"8LPP memungkinkan konsumsi daya yang 10 persen lebih rendah, berikut pengurangan area sebesar 10 persen dibandingkan 10LPP," sebut Samsung dalam sebuah pernyataan tertulis.

Samsung melanjutkan, proses 8LPP ini ideal dipakai memproduksi chip untuk keperluan "mobile, cryptocurrency, dan network/server". Kesiapan proses 8LPP Samsung lebih cepat tiga bulan dari jadwal yang ditentukan.

Baca: Qualcomm Pamer Smartphone 5G Pertama

Siapa yang akan memproduksi chip dengan teknologi 8LPP Samsung? Raksasa elektronik itu menegaskan bahwa mitra besarnya, Qualcomm, akan tetap menjadi klien setia dan bakal memproduksi chip Snapdragon dengan teknologi 8LPP di pabrik Samsung.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (20/10/2017), sebelumnya Qualcomm juga bermitra dengan Samsung dalam memproduksi chip dengan fabrikasi 10 nanometer dan 14 nanometer.

Sementara, Samsung merupakan salah satu pelanggan terbesar Qualcomm yang memakai aneka chip Snapdragon di berbagai lini ponsel Galaxy besutannya.

https://tekno.kompas.com/read/2017/10/20/13370047/samsung-lompati-intel-dengan-teknologi-chip-8-nm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke