Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksesori iPhone Ini Bisa Deteksi Kanker

Awalnya, ia merasakan ada yang mengganjal di sekitar tenggorokan. Ganjalan tersebut disertai dengan rasa nyeri. Tanpa pikir panjang, Martin segera mengambil aksesori ultrasonik Butterfly IQ, menghubungkannya ke iPhone, dan melakukan pemeriksaan.

Melalui penggunaan aksesori tersebut, Martin melihat adanya bentuk benjolan tidak beraturan dari layar iPhonenya. Martin bukanlah ahli kanker, tetapi ia menyadari ada yang salah dengan gambar yang dilihatnya.

Kemudian, Martin langsung mengunjungi dokter spesialis kanker untuk kemudian menyadari bahwa benjolan tersebut merupakan sel kanker.

Butterfly IQ sendiri dikembangkan oleh perusahaan bernama Butterfly Network. Aksesori ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, yakni sebesar mesin cukur. Dengan ukurannya yang kecil, Butterfly IQ dapat dibawa ke mana saja dengan mudah.

Alat ini sudah dikembangkan sejak delapan tahun lalu. Ia dibuat berbeda dengan mesin ultrasonik konvensional yang memanfaatkan kristal untuk memantulkan suara. Butterfly IQ menggunakan chip semikonduktor dengan ribuan lempengan kecil yang digunakan untuk memancarkan gelombang.

Itulah sebabnya mengapa harga Butterfly IQ lebih murah dibandingkan mesin ultrasonik pada umumnya. Butterfly IQ dibanderol dengan harga 1.999 dollar AS atau kisaran Rp 27,1 juta per unitnya. Sedangkan harga mesin USG mencapai 10 kali lipatnya.

Aksesori Butterfly IQ ditambah dengan iPhone diharapkan bisa menjadi solusi murah bagi rumah sakit yang membutuhkan.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/01/14320007/aksesori-iphone-ini-bisa-deteksi-kanker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke