Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Ini Bisa Hilangkan "Poni" iPhone X

Masalah serius yang banyak dibicarakan adalah garis hijau di sisi layar. Sementara itu, salah satu contoh masalah sepele adalah "rambut poni" iPhone X.

"Rambut poni" (notch) iPhone X sendiri merupakan baris hitam horizontal di sisi atas bagian tengah yang digunakan sebagai tempat kamera depan dan sensor pengenal wajah.

Bagi yang merasa terganggu dengan notch ini, sudah ada sebuah aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut. Apple baru saja mengizinkan hadirnya sebuah aplikasi bernama Notch Remover di Apple App Store. 

Aplikasi tersebut tidak serta merta menghapus notch seperti namanya. Cara kerjanya hanya memanipulasi tampilan layar dengan wallpaper khusus lengkap dengan baris hitam sejajar dengan notch. Dengan ini, iPhone X seolah-olah memiliki bingkai di atas seperti model iPhone sebelum-sebelumnya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/11/2017), Apple sendiri sebenarnya melarang pengembang aplikasi untuk tidak "menutupi" notch seperti yang dilakukan aplikasi Notch Remover. Meski begitu, masih belum jelas mengapa Apple mengizinkan hadirnya aplikasi itu di toko aplikasinya.

"Jangan mencoba untuk menyembunyikan sudut-sudut perangkat, sensor housing, atau indikator untuk mengakses layar utama dengan menempatkan baris hitam di atas dan bawah layar," tulis Apple pada Human Interface Guidlines atau pedoman antarmuka iPhone X.

Notch Remover sendiri bisa dibeli dengan harga 0,99 dollar AS atau sekitar Rp 13.500. Mengingat masalah notch ini sebenarnya tidak mengganggu kinerja iPhone X, patut dipertimbangkan untuk membeli aplikasi tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/14/15100027/aplikasi-ini-bisa-hilangkan-poni-iphone-x-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke