Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Gabungkan Postingan "Stories" dan Messenger Day

Messenger Day adalah fitur di Facebook Messenger untuk berbagi foto dan video yang yang akan terhapus dengan sendirinya setelah 24 jam.

Ketika mengunggah Stories di Messenger, maka postingan tersebut otomatis akan muncul di Facebook Stories juga, berlaku pula sebaliknya.

Seperti unggahan Stories di Instagram atau WhatsApp, pengguna bisa mengunggah foto atau video yang hanya akan bertahan 24 jam. Meskipun telah digabung, baik Facebook dan Messenger tetap memiliki efek Stories yang berbeda.

Baca: Messenger Day, Tiruan Snapchat Stories dari Facebook?

Facebook memiliki topeng dan teknologi augmented reality (AR) serupa Snapchat, sedangkan Messenger tetap fokus pada stiker dan menggambar pada foto. Dengan efek yang berbeda, meskipun Stories akan muncul di Facebook maupun Messenger Day dalam waktu yang bersamaan, efek yang ditampilkan di Stories tetap berbeda.

Teman di Facebook maupun Messenger yang telah melihat Stories pengguna lainnya di salah satu fitur, tidak akan melihat postingan yang sama di fitur satunya, sebagaimana KompasTekno kutip dari The Next Web, Rabu (14/11/2017).

Pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang berhak melihat unggahan Stories miliknya. Mereka juga bisa memilih siapa saja yang bisa melihat unggahan Stories-nya, baik di Facebook dan Messenger. Pengguna juga bisa mengatur untuk menyembunyikan pesan untuk teman-teman tertentu di kedua platform.

Sebelum penggabungan Stories di Facebook dan Messenger Day, Facebook telah menguji coba 'menyebrangkan' postingan Stories di Facebook dan Instagram. Hal ini dilakukan setelah Instagram menembus angka 300 juta pengguna aktif bulanan per September 2017 lalu.

Untuk diketahui, Facebook kini memiliki empat varian fitur Stories di platform yang 'dipayunginya', yakni Instagram, WhatsApp, Facebook dan Messenger Day.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/15/15290057/facebook-gabungkan-postingan-stories-dan-messenger-day

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke