Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menang di Singapura, Film Pendek Indonesia Dibuat Cuma 2 Minggu

Sutradara Indonesia yang menjadi juri di ajang regional, Joko Anwar, mengatakan sejak awal percaya diri dengan Chick-Chick dan Sowan. Menurut dia, dua hal utama yang diperhatikan ketika melihat film bagus adalah segi teknis dan estetika.

 
"Secara teknis filmnya dilakukan dengan baik, jadi pembuatnya punya skill. Selain itu dari estetika, filmnya memiliki nilai estetis yang tinggi. Tahun ini aku memang favoritnya film kita (Indonesia). Bukan karena dari Indonesia, tapi dari segi story telling-nya bagus sekali, topik yang mereka angkat juga sangat topical," kata Joko.
 
Sementara itu, Vice President Brand and Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengaku bangga dengan sineas muda Indonesia. Dibandingkan tahun lalu, Nirwan menilai film-film yang dilombakan di skala domestik jauh meningkat dari segi kuantitas dan kualitas.
 
Tak kurang dari 200 film pendek yang ikut lomba di Indonesia. Para juri disebut-sebut kebingungan menentukan perwakilan Tanah Air untuk unjuk gigi di Singapura, sebab karya-karya yang masuk digarap dengan serius.
 
"Sebelum lomba kami mengadakan workshop ke komunitas-komunitas film di universitas di daerah-daerah. Mungkin itu juga yang membuat kualitas film yang masuk tahun ini jauh meningkat," kata Nirwan.
 
Sebagai penyedia jaringan, kata Nirwan, Telkomsel ingin berperan lebih jauh untuk menstimulasi munculnya konten-konten mobile yang berkualitas. Salah satunya dengan mendorong para video creator untuk membuat karya yang menghibur sekaligus mendidik masyarakat lewat lomba semacam "5-Min Video Challenge".

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/24/09044147/menang-di-singapura-film-pendek-indonesia-dibuat-cuma-2-minggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke