Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone X Versi Resmi Dijual Rp 29 Juta di Brasil

Ada yang menarik dari kisah penjualan iPhone X di Brasil. Ponsel terbaru Apple ini akan dibanderol dengan harga 2.170 dollar AS (Rp 29,3 juta). Dua kali lipat dari harga iPhone X di negara asalnya yang hanya dibanderol 999 dolar AS (Rp 13,5 juta).

Harga yang terbilang cukup tinggi ini tentunya membuat orang terheran-heran. Pasalnya, harga "standar" iPhone X saja sudah dianggap sangat mahal.

Apa yang menyebabkan iPhone X dibanderol dengan harga yang fantastis di negeri Samba?

Melonjaknya Harga iPhone X di Brasil karena tingginya bea impor yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. Selain itu, Brasil juga memiliki undang-undang tenaga kerja yang lebih ketat sehingga berpengaruh pada harga iPhone X.

iPhone X bakal rilis resmi di Brasil pada tanggal 8 Desember 2017. Produk ini dapat dibeli di dua Apple Store yang terletak di Village Mall, Rio de Janeiro dan pusat perbelanjaan Morumbi di Sao Paulo.

Kabarnya, iPhone X juga bakal dijual dalam jumlah terbatas, seperti dihimpun KompasTekno dari Macrumors, Selasa (28/11/2017).

Perbandingan harga iPhone X

Sebagai informasi tambahan, perbedaan harga jual iPhone X bukan hanya terjadi di Brasil. Banderol harga iPhone tanpa tombol Home ini memang berbeda di setiap negara.

Meski demikian, harganya produk tersebut berkisar pada 1.000-1.300 dolar AS (sekitar Rp 13,5 juta - 17,5 juta) untuk versi 64 GB. Tidak sefantastis harga di Brasil.

Selain Rusia dan Jepang, perbedaan juga tercatat di beberapa negara lain seperti Uni Eropa, Inggris, Meksiko, China, Australia, Uni Emirat Arab, Hongkong, dan Kanada.

Perbedaan harga tersebut disebabkan oleh tarif impor dan kebijakan pajak yang berbeda di setiap negara. Selain itu, nilai tukar mata uang negara setempat terhadap dollar AS juga berpengaruh dengan penetapan harga iPhone X.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/28/12130077/iphone-x-versi-resmi-dijual-rp-29-juta-di-brasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke