Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bekasi dan Parung Panjang Pertama Kebagian 4G 2,3 GHz Telkomsel

Adapun yang pertama kali mencicipi jaringan 4G LTE dengan frekuensi Time Division Duplex (TTD) 2,3 GHz tersebut adalah pelanggan di wilayah Jabodetabek, mulai dari Parung Panjang dan Bekasi per November 2017 ini.

Selanjutnya akan disusul pelanggan Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor pada pekan pertama Desember 2017. Kota-kota besar di luar Jabodetabek pun secara bertahap akan menikmati kualitas internet 4G yang diklaim semakin mumpuni untuk menjajal konten video.

“70 persen pengguna internet Telkomsel aktif berbagi konten video. Nantinya pengalamannya akan semakin seamless dengan menggunakan frekuensi TDD 2,3 GHz,” kata Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Edward Ying.

Menurut Presiden Direktur Telkomsel, Ririek Adriansyah, jaringan 4G LTE dengan frekuensi TDD 2,3 GHz ini sangat berarti bagi operator pelat merah. Pasalnya, pertumbuhan trafik internet pelanggan Telkomsel tiap tahunnya naik 120 persen dan menyerap kapasitas yang besar.

“Spektrum Telkomsel sudah sangat terbatas di beberapa kota besar. Sekarang kami agak longgar dengan frekuensi 2,3 GHz. Secara capex juga akan lebih efisien,” Ririek menjelaskan. 

Sebagai permulaan, Telkomsel bakal membangun 500 BTS yang tersebar di Jabodetabek, Palembang, dan Bandung, untuk mengimplementasikan jaringan 4G LTE dengan frekuensi TDD 2,3 GHz. Pembangunan 500 BTS itu ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2017. 

Perlu dicatat, pelanggan tak perlu mengganti kartu SIM untuk menikmati layanan LTE TDD, selama perangkat mobile yang digunakan sudah mendukung band frekuensi tersebut. Saat ini, dari 50 juta perangkat LTE yang ada di jaringan Telkomsel, sekitar 85 persen sudah mendukung frekuensi TDD 2,3 GHz. 

Adapun komposisi alokasi spektrum yang dimiliki Telkomsel saat ini secara keseluruhan adalah 30 MHz di frekuensi 2,3 GHz, 15 MHz di frekuensi 2,1 GHz, 22 MHz di frekuensi 1,8 GHz, 7,5 MHz di frekuensi 900 MHz, dan 7,5 MHz di frekuensi 800 MHz.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/28/18315727/bekasi-dan-parung-panjang-pertama-kebagian-4g-23-ghz-telkomsel

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.