Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Android Go Resmi Dirilis untuk Ponsel Spesifikasi Rendah

Kini di akhir 2017, Google resmi meluncurkan Android Go, bertepatan dengan finalisasi Android Oreo 8.1. Para vendor smartphone sudah bisa menyalurkan Android Go ke perangkat low-end dan Android Oreo 8.1 ke perangkat high-end buatan mereka.

Spesifikasi smartphone yang pas untuk OS Android Go menurut Google adalah smartphone yang memiliki RAM 1 GB atau kurang, memori terbatas, konektivitas belum mumpuni, dan CPU seadanya. Android Go diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat yang diistilahkan “Next Billion Users”, yakni mereka yang belum terpapar dunia maya sama sekali.

Jumlah mereka cukup besar, yakni setengah dari 7,6 miliar populasi manusia di dunia, atau sekitar 3,8 miliar jiwa. Salah satu tantangan mereka untuk menjadi masyarakat online adalah akses ke smartphone yang masih terbatas karena harganya relatif mahal.

Baca: Fitur Baru Android Oreo Perpanjang Umur Baterai

Google ingin Android Go membantu mengembangkan ekosistem smartphone murah tetapi mumpuni. Dengan begitu, pertumbuhan masyarakat online akan semakin tinggi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/12/2017), dari ArsTechnica.

Ada beberapa aplikasi bawaan yang tercantum pada Android Go, mencakup Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, YouTube Go, Google Assistant Go, Files Go, Gboard, Chrome, dan Play. Semuanya merupakan aplikasi standar yang sudah familiar bagi pengguna Android, tetapi dalam versi yang lebih hemat memori.

Sebagai gambaran, Google Go yang merupakan versi ringan dari aplikasi “Search” hanya memakan memori 4,65 MB. Kapasitas itu jauh lebih rendah dibandingkan Search standar yang meraup 60 MB.

YouTube Go sendiri hanya 8,9 MB, sedangkan versi standarnya 25 MB. Perlu dicatat, pemangkasan kapasitas memori tentu beriringan dengan pemotongan fungsi dan fitur. Intinya, versi “Go” hanya memberi fungsi dasar dari sebuah aplikasi.

Ketersediaan perangkat dengan Android Go dijanjikan beberapa bulan ke depan. Adapun aplikasi-aplikasi “Go” bakal segera pula tersedia di Play Store dalam waktu dekat.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/06/10121757/android-go-resmi-dirilis-untuk-ponsel-spesifikasi-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke