Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur DM Instagram Jadi Aplikasi Chatting Terpisah?

Aplikasi ini sedang diuji cobakan di beberapa negara, yakni Chili, Israel, Italia, Portugal, Turki dan Uruguay.

Ketika salah satu pengguna Instagram di negara tersebut memasang Direct di perangkat, maka secara otomatis kotak masuk (inbox) di aplikasi utama Instagram akan berpindah ke aplikasi Direct untuk percakapan lebih pribadi dengan pengguna lain.

Alasan pengembangan produk menjadi pertimbangan Instagram. Hal ini disampaikan oleh manajer produk Instagram, Hemal Shah yang mengatakan beberapa fitur lebih bisa dikembangkan jika direct message (DM) menjadi aplikasi yang lebih mandiri dibanding saat menginduk ke aplikasi utama.

Dirangkum KompasTekno dari Andorid Authority, Senin (11/12/2017), ada tiga layar utama yang baru tersedia di Direct, yakni menu pengaturan, pesan masuk untuk memeriksa pesan, dan layar utama untuk mengetik pesan atau berkirim foto dan video. Ketika menggeser layar ke kanan, pengguna akan masuk ke aplikasi utama Instagram. 

Direct diklaim bakal memiliki empat filter eksklusif untuk foto dan video yang saat ini tidak tersedia di aplikasi utama Instagram. Salah satunya adalah filter lucu yang secara acak mengganti suara pengguna menjadi bleeps dan menutup bagian mulut.

Facebook Messenger yang telah berdiri secara mandiri pada 2014, telah digunakan 1,3 miliar penguna. Meskipun secara aplikasi terpisah, namun Messenger masih bisa didapati di platform utama Facebook versi desktop.

Seiring meningkatnya jumlah pengguna, Facebook Messenger juga mengembangkan beberapa fitur baru yang terpisah dari aplikasi utama Facebook. Misalnya pengiriman uang secara langsung ke pengguna lain melalui sistem pembayaran di PayPal. Selain itu, Facebook juga melakukan monetisasi dengan menyelipkan iklan ke percakapan pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/11/07033647/fitur-dm-instagram-jadi-aplikasi-chatting-terpisah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke