Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi 2017

YouTuber mendapat porsi pendapatan 55 persen atas AdWords yang terhitung menumpang di konten video mereka. Sementara itu, YouTube sebagai platform bakal meraup 45 persen sisanya.

Menutup 2017, majalah Forbes mengumumkan “10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi”. 

Dikutip KompasTekno, Senin (11/12/2017), YouTuber berpenghasilan tertinggi tahun ini menembus angka pendapatan Rp 222 miliar. Sementara nilai kumulatif yang mereka kumpulkan mencapai 127 juta dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun.

Angka kumulatif itu meningkat 80 persen ketimbang 2016 yang kumulatifnya cuma 70,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 952 miliar. Lebih rinci, siapa saja nama-nama 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi sepanjang 2017 ini?

1. Daniel Middleton (DanTDM)

2. Evan Fong (VanossGaming)

Posisi kedua masih berasal dari YouTuber yang fokus di sektor game. Tak lain adalah Evan Fon alias “VanossGaming”, yakni pria 25 tahun asal Kanada. Ia kerap mengunggah video komedi yang memperlihatkan reaksiya ketika bermain video game. Penghasilannya selama setahun mencapai 15,5 juta dollar AS atau Rp 209 miliar.

3. Dude Perfect

Channel kolektif dari saudara kembar Cory Cotton dan Cobby Cotton ini memperlihatkan trik dan tips olahraga dengan balutan guyonan. Mereka meraup 14 juta dollar AS atau Rp 189 miliar selama setahun.

4. Logan Paul

Sosok yang tadinya populer di layanan berbagi video Vine ini merupakan kakak dari aktor sekaligus YouTuber kondang Jake Paul. Dua bersaudara itu pun sempat berperan dalam beberapa serial televisi bergenre komedi, salah satunya Bizaardvark.

Jake Paul memiliki 14 juta subscriber di YouTube. Ia membagikan vlog sehari-hari dan reaksi bernuansa komedi atas video-video yang bertebaran di YouTube. Penghasilannya mencapai 12,5 juta dollar AS atau Rp 168 miliar.

5. Mark Fischbach (Markiplier)

Melalui video-video game yang dibawakan dengan gaya energik, Mark Fischback atau dikenal dengan “Markplier”, mampu mendapatkan 18 juta subscriber.

Ia mengaku tak puas dengan keterampilannya saat ini dan ingin belajar musik serta akting. Pendapatannya setahun mencapai 12,5 juta dolar AS atau Rp 168 miliar.

6. Felix Kjellberg (PewDiePie)

Komentator video kontroversial asal Swedia ini telah menghimpun 58 juta subscriber pada akun YouTube “PewDiePie”. Ia dikenal kerap berteriak-teriak ketika bermain game dan melontarkan guyonan yang menggelitik.

YouTube dan Disney pun menyetop kerja sama dengannya, meski YouTube tetap mempersilahkannya memanfaatkan paltform berbagi video. Penghasilannya selama setahun mencapai 12 juta dollar AS atau Rp 162 miliar.

7. Jake Paul

Setelah adiknya berada di urutan keempat, sang kakak, Jake Paul menyusul di posisi ketiga dengan penghasilan 11,5 juta dollar AS atau Rp 155 miliar. Video yang ia unggah beragam, mulai dari konten komedi, musik, hingga hal-hal menyangkut pop-culture.

8. Smosh

Kolektif ini mulanya didirikan oleh Ian Hecox dan Anthony Padilla. Mereka adalah salah satu perintis video komedi di YouTube yang memparodikan video game dan pop-culture.

Anthony Padilla kemudian meninggalkan Smosh pada Juni 2017 dan membuat akun YouTube sendiri. Smosh yang masih dijalankan Ian Hecox meraup penghasilan 11 juta dollar AS atau Rp 148 miliar selama setahun.

9. Ryan Toys Review

Bocah berusia enam tahun ini sukses mengundang perhatian netizen dengan tingkahnya yang menggemaskan ketika me-review mainan-mainan anak kecil. Penghasilannya mencapai 11 juta dollar AS atau Rp 148 miliar.

10. Lilly Singh

Lilly Singh membuat berbagai konten, mulai dari sketsa komedi, video usik, hingga film berjudul Trip to Island Unicorn. Channel YouTube-nya “Superwoman” berhasil meraup subscriber sebanyak 12,7 juta orang dan penghasilannya tercatat 10,5 juta dollar AS selama setahun atau Rp 141,8 miliar.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/11/10050067/10-youtuber-dengan-penghasilan-tertinggi-2017

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke