Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa iPhone X dan iPhone 8 Bisa Cepat Masuk Indonesia?

Kemunculan ketiga iPhone anyar tersebut di Indonesia terbilang cepat karena hanya berselang kurang dari dua bulan semenjak debut internasionalnya pada awal November lalu.

IPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang sebelumnya juga dipasarkan oleh Smartfren, misalnya, baru hadir pada bulan Maret 2017. Lantas, mengapa kehadiran iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus sekarang bisa begitu cepat?

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys mengatakan bahwa ketiga iPhone terbaru bisa lekas datang ke Indonesia lantaran proses perizinan untuk memasarkan perangkat-perangkat tersebut bisa diselesaikan dengan lebih cepat pula

“Jadi, proses untuk memasarkan iPhone cukup panjang tahapannya. Kemarin itu (pemasaran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus) pengalaman kedua. Ini (iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus) adalah pengalaman kedua, jadi kami sudah lebih tahu prosesnya,” jelas Merza ketika ditemui usai cara penjualan perdana ketiga iPhone di Gerai Smartfren di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi Apple sebelum bisa menjual ponselnya di Indonesia. Perangkat yang bersangkutan, antara lain, mesti memenuhi uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen dan lolos tes balai uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Telematika (Ditjen SDPPI).

Dari pengamatan KompasTekno, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus telah mendapatkan sertifikasi lolos uji TKDN dan Ditjen SDPPI sejak akhir Oktober lalu. Karena itulah, ketiga perangkat diprediksi bakal segera hadir di Indoneisia, yang kemudian benar-benar terwujud menjelang akhir 2017.

Bukan Sinar Mas

Apple memenuhi persyaratan bobot TKDN sebesar 30 persen dengan menempuh jalur komitmen investasi. Pabrikan berlambang buah apel tergigit ini membangun pusat riset bernama Apple Innovation Center. Lokasinya di kawasan Green Office Park dan Digital Hub yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land di BSD City, Tangerang.

Smartfren diketahui merupakan salah satu unit dari kelompok usaha Sinar Mas. Selain itu, Smartfren juga merupakan satu-satunya operator seluler yang digandeng oleh Apple sebagai mitra peluncuran iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus di Indonesia.

Meski demikian, Merza menampik dugaan bahwa kemitraan Apple dan Smartfren dalam hal peluncuran iPhone ada kaitannya dengan kerjasama pembangunan pusat riset di BSD.

“Smartfren bagi Apple adalah offical telco partner, bukan kerjasama yang lain-lain,” kata Merza. “Kami sudah melalui proses uji yang cukup panjang sehingga certified dan ditunjuk sebagai partner operator seluler resmi.”

Untuk pembelian iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus, Smartfren menawarkan cashback hingga Rp 10 juta, yang dialokasikan untuk pembelian pulsa bulanan.

Sebagai contoh, untuk memperoleh iPhone X 64 GB, pembeli cukup membayar Rp 7.999.000 dengan berlangganan paket prabayar Smartfren iPlan 500 sebesar Rp 500.000 setiap bulan, selama 24 bulan (dua tahun).

Sementara untuk iPhone X 256 GB, ditawarkan seharga Rp 10.799.000, juga dengan syarat berlangganan paket iPlan 500 selama 24 bulan (dua tahun).

iPhone 8 dapat dibawa pulang dengan harga Rp 3.599.000, dan iPhone 8 plus dengan harga Rp 5.499.000. Keduanya ditambah kewajiban berlangganan paket iPlan 500 selama 24 bulan senilai Rp 500.000 setiap bulannya.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/22/12474257/kenapa-iphone-x-dan-iphone-8-bisa-cepat-masuk-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke