Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple dan Qualcomm Cekcok, iPhone Beralih ke MediaTek?

MediaTek dikabarkan akan memasok sebagian komponen chip modem untuk iPhone setelah Apple menyetop pesanan dari Qualcomm, menyusul sengketa hukum yang tengah berlangsung.

Sebagian pesanan chip modem sisanya disinyalir sudah diberikan ke Intel sebagai langkah Apple untuk mengurangi ketergantungan terhadap chip Qualcomm, setelah melayangkan gugatan hukum awal tahun 2017.

Meski demikian, informasi ini baru sebatas rumor. Belum bisa dipastikan apakah Apple benar-benar akan menggandeng MediaTek sebagai rekanan pemasok chip untuk iPhone atau tidak.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Rabu (27/12/2017), Apple sendiri sudah ramai diberitakan melirik Intel dan MediaTek sebagai mitra baru untuk menggeser Qualcomm.

Apple dan Qualcomm mulai berseteru setelah Apple melontarkan gugatan hukum atas pabrikan Snapdragon itu. Apple menuding Qualcomm menarik biaya lisensi terlalu besar untuk teknologi-teknologinya yang dipakai di iPhone.

Qualcomm lantas balik menyerang dengan menuduh Apple telah melanggar paten-patennya dan berupaya memblokir penjualan iPhone di China dan Amerika Serikat.

Tak cuma bermasalah dengan Apple, Qualcomm juga menghadapi sejumlah penyelidikan dugaan praktik anti-kompetisi di sejumlah negara yang dikenal sebagai sentra pabrikan gadget, termasuk China, Taiwan, dan Korea Selatan.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/27/18100057/apple-dan-qualcomm-cekcok-iphone-beralih-ke-mediatek-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke