Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Smartphone dengan Kamera Terbaik 2017

Efek buram alias blur tak lagi menjadi kemewahan kamera profesional semacam DSLR, tetapi bisa pula diperoleh dengan kamera smartphone. Selain itu, tangkapan luas alias wide-angle pun sudah menjadi lazim di kamera smartphone.

Selengkapnya, berikut 10 smartphone yang dinilai memiliki kamera terbaik, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (30/12/2017), dari GSMArena.

1. Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Situs referensi pengujian kualitas gambar perangkat digital, DXOMark, pada Oktober 2017 lalu menobatkan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Adapun pengujiannya mencakup kualitas exposure dan kontras, akurasi warna, noise, zoom, dan bokeh.

Menurut DXOMark, lini Google Pixel 2 mampu menangkap detail gambar dengan baik di area terang maupun gelap, bahkan dalam keadaan kontrasi tinggi seperti di bawah matahari saat tengah hari.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL mampu membuktikan kebolehannya, padahal smartphone tersebut tidak mengusung kamera ganda sebagaimana pabrikan lainnya.

Rahasianya ada pada teknologi software buatan Google, sekaligus fitur-fitur semacam dual-pixel autofocus dan penstabil goyangan mekanik (OIS) dan elektronik (EIS). Kamera Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga memiliki sensor berukuran lebih kecil 1/2,6 inci dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa berbukaan f/1.8.

2. Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy S8

Sementara itu, Galaxy Note 8 adalah portofolio Samsung pertama yang mengusung dual-camera. Masing-masing berkualitas 12 megapiksel, satu untuk pembidikan wide-angle dan satunya lagi untuk telephoto.

Dengan begitu, pengguna bisa membidik foto portrait dengan efek blur yang menawan. Selain itu, efek blur juga bisa diganti-ganti fokusnya sesuka hati dengan fitur Live Focus.

3. LG V30 dan LG G6

LG V30 adalah smartphone paling andal dari sang pabrikan Korea Selatan sepanjang 2017. Untuk kualitas kamera serupa namun dengan spesifikasi sedikit lebih rendah, ada pilihan lain yang diberikan yakni LG G6. 

4. iPhone X dan iPhone 8 Plus

Selain itu, ada fitur-fitur pelengkap yang membuat hasil foto tampak dibidik di studio dengan pencahayaan berkelas.


5. Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro

Huawei menjadi pionir dual-camera yang menggabungkan lensa warna dengan monokrom. Dengan begitu, warna yang dihasilkan untuk pembidikan berwarna maupun hitam-putih tampak lebih nyata dan natural.

Meski lebih condong ke warna hasil foto, namun kamera Huawei Mate 10 dan 10 Pro juga bisa diandalkan untuk menangkap gambar dengan efek blur yang memukau.

6. HTC U11 dan U11 Plus

Kamera HTC U11 dan U11 Plus berkualitas 13 megapiksel dengan sensor dual-pixel 1/2.6 seperti yang digunakan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Hasil fotonya memiliki warna yang hidurp serta tingkat kedalaman yang memanjakan mata.

7. Nokia 8

Kamera utamanya mengusung lensa warna dan kamera keduanya memiliki lensa monokrom. Untuk momen-momen artistik, lensa monokrom bisa diandalkan. Selain itu, efek buram juga tetap terakomodir untuk menghasilkan foto-foto dramatis.

8. Sony Xperia XZ1

Soal besaran megapiksel, Sony memang selama ini memimpin. Setelah merilis Sony Xperia XA1 dengan kamera 23 megapiksel, Sony juga meluncurkan Xperia XZ1 dengan kamera 19 megapiksel.

Meski kemampuan kameranya terhitung standar dalam kondisi minim cahaya, tetapi detail gambar ketika cahaya cukup tak diragukan lagi.

9. Xiaomi Mi 6

10. Motorola Moto Z2 Play

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/31/19050047/10-smartphone-dengan-kamera-terbaik-2017

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke