Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seisi Inggris Akan Dipetakan dalam 3D, Tujuannya?

Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, Inggris akan menggunakan sistem teknologi light detection and ranging (LIDAR), yang secara sederhana dideskripsikan sebagai sistem pengenalan obyek dari udara menggunakan laser. Nantinya, LIDAR akan digunakan untuk memetakan seluruh Inggris dengan resolusi satu meter.

Pengenalan obyek yang dilakukan LIDAR sebenarnya telah berjalan selama kurang lebih 20 tahun untuk megurangi risiko banjir di London. Saat ini, sekitar 75 persen Inggris telah terpetakan.

Sekitar 40 persen sisanya belum terpetakan atau hanya terpetakan dengan resolusi dua meter. daerah-daerah itu umumnya tak berpenghuni atau bagian dari taman nasional.

Baca: Google Salurkan Internet Cepat dengan Sinar Laser

Ke depannya, seluruh data akan tersedia dan dapat diakses cuma-cuma oleh publik, seperti halnya data LIDAR saat ini. Selama dua tahun terakhir, terdapat setengah juta unduhan LIDAR  di situs resmi pemerintah Inggris, yakni Survey Open Data.

"Saya sangat senang kita dapat mengumpulkan, menggunakan, dan berbagi data yang berharga untuk berkontribusi demi perbaikan lingkungan hidup dan konservasi", ungkap kepala eksekutif Badan Lingkungan Hidup Inggris, Sir James Beven seperti dirangkum KompasTekno dari Digital Trends pada Selasa (2/1/2018).

Ia menambahkan langkah ini adalah salah satu dari banyak cara yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup dalam menggunakan teknologi demi membantu kelangsungan hidup manusia dan satwa liar.

LIDAR tidak hanya dapat digunakan untuk perencanaan tata kota dan menilai dampak cuaca yang dilakukan para pemerhati lingkungan saja. Terlebih, LIDAR bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti para pengembang game yang ingin membuat model jalan pedesaan lebih akurat, atau menduplikasi kota London dalam miniatur 3D.

Bahkan pada tahun 2016 lalu, arkeolog menggunakan LIDAR untuk menemukan jalan Romawi kuno yang telah hilang berabad-abad.

Teknologi LIDAR terbaru dapat diterbangkan lebih tinggi sehingga lebih konsisten dalam menjangkau area yang lebih luas. Kemampuan tersebut dapat menghasilkan model tanah dengan kualitas digital yang tinggi. Sebagian besar pemetaan akan dilakukan dalam musim dingin ketika banyak daun berguguran sehingga laser bisa mencapai tanah.

"Proyek ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang keunikan alam dan lansekap Inggris, membantu kita untuk memahami lebih baik tentang risiko banjir, dan merencanaan pertahanan efektif untuk memerangi limbah", imbuh Bave.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/02/18090067/seisi-inggris-akan-dipetakan-dalam-3d-tujuannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke