Salin Artikel

Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Desktop dan Mobile

Banyak yang terbantu dengan saran pencarian ini, namun tak jarang merasa terganggu. Google telah menyediakan cara bagi penggunanya yang ingin menghapus jejak pencarian di desktop maupun mobile, dengan mengakses menu 'My Activity' atau 'Aktivitas Saya'.

Menu Aktivitas Saya sebenarnya umum digunakan untuk melacak riwayat pencarian di desktop maupun mobile ketika masuk ke akun Google. Berikut KompasTekno rangkum cara menghapus riwayat pencarian di Google, dilansir dari Gadgets Now, Selasa (2/1/2018).

Desktop

Menghapus riwayat pencarian Google di desktop dapat dilakukan dengan masuk (sign in) ke halaman My Activity di tautan myactivity.google.com.

Pengguna juga bisa mengatur sendiri jangkauan waktu yang ingin dihapus pencariannya, dengan memilih tanggal melalui kolom bagian bawah.

Setelah memilih waktu, pilih 'All Products', lalu pilih 'Search' untuk hapus situs yang pernah ditelusuri, atau pilih 'Image Search' untuk hapus pencarian gambar yang pernah dilakukan. Terakhir, klik 'Delete' pada kotak pop-up yang muncul.

Baca: Google Hapus 500 Aplikasi yang Laris Diunduh di Play Store

Mobile

Untuk menghapus pencarian Google via mobile, menu 'My Activity' bisa diakses melalui menu 'My Account' (Akun Saya), kemudian gulir ke bawah hingga muncul menu 'My Acitvity'.
Bisa juga mengakses ke situs yang sama seperti di desktop, yakni myactivity.google.com.

Di peramban (browser) besutan Google Chrome, menghapus riwayat pencarian bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Cukup klik ikon menu (tiga lingkaran vertikal) yang ada di sisi kanan atas layar. Kemudian pilih menu history (histori), lalu pilih 'hapus data browsing'. Seperti halnya di menu 'My Activity', pilih rentang waktu yang pencrian yang ingin dihapus, kemudian pilih 'hapus data'.

Baca: Foto Kompleks Kantor Baru Google, Berundak seperti Sawah

Selain memberi data berapa banyak pencarian yang dilakukan, menu 'My Activity' juga memberikan rincian statistik berapa banyak aplikasi yang digunakan, dan berapa kali aplikasi tersebut digunakan di perangkat Android.

Data tersebut juga memuat aplikasi apa saja yang pernah dicari pengguna di Google Play Store dan berapa banyak iklan yang muncul di hasil pencarian yang sempat di-klik oleh pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/02/19210027/cara-hapus-riwayat-pencarian-google-di-desktop-dan-mobile

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.