Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chip Exynos 9810 untuk Galaxy S9 Dirilis, Setangguh Apa?

Exynos 9810 memang kemungkinan besar menjadi dapur pacu model-model smartphone andalan baru Samsung, seperti Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Keduanya juga diperkirakan akan meluncur dalam waktu dekat.

Dibuat menggunakan proses fabrikasi 10 nm, Exynos 9810 dibekali dengan delapan core CPU. Empat di antaranya merupakan custom-core CPU generasi ketiga Exynos M3 dari Samsung, yang berkinerja tinggi dengan clockspeed 2,9 GHz.

Empat core CPU lainnya merupakan Cortex-A55 yang lebih hemat daya. Pengolah grafis (GPU) yang digunakan di Exynos 9810 adalah Mali G72. Samsung turut membenamkan model LTE berkecepatan maksimal 1,2 Gbps dengan teknologi 6x Carrier Aggregation.

Dibandingkan pendahulunya, Exynos 9810 diklaim mampu menghasilkan kinerja single core hingga dua kali lebih tinggi, sementara kinerja multicore diklaim 40 persen lebih cepat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (5/1/2018).

Dengan tenaga yang dimilikinya, Exynos 9810 digadang-gadang bakal menghasilkan kinerja pengolahan kecerdasan buatan (AI yang mumpuni.

“Exynos 9810 akan menjadi katalis kunci dari inovasi platform pintar, seperti smartphone, personal computing, otomotif, dan era AI yang akan datang,” sebut Samsung dalam keterangan tertulis.

Turut disebtukan bahwa Exynos 9810 membuka kemungkinan untuk teknologi sekuriti berbasis pemetaan wajah secara tiga dimensi.

Untuk soal kemanan ini, Exynos 9810 juga dibekali security processing unit terpisah untuk menjaga keamanan data personal pengguna, termasuk informasi wajah, iris, dan sidik jari.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/05/07040017/chip-exynos-9810-untuk-galaxy-s9-dirilis-setangguh-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke