Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bea Cukai AS Boleh Salin Isi Ponsel yang Dicurigai

Tahun ini, aturan soal inspeksi smartphone atau ponsel pun diperbarui, di mana para petugas CBP dipersilahkan menginspeksi informasi yang tersimpan di dalam perangkat smartphone atau elektronik lainnya. Namun untuk data file yang tersimpan di cloud, mereka tidak bisa.

Selain itu, para petugas Bea Cukai juga bisa menyalin (copy) informasi-informasi di dalam ponsel atau perangkat elektronik lainnya, untuk menganalisa konten lebih lanjut. Akan tetapi, kebijakan copy data ini hanya dilakukan pada oknum-oknum yang dicurigai melakukan tindak kriminal.

Menurut Deputy Executive Assistant Commissioner, Office of Field Operations CBP, John Wagner, pembaruan kebijakan ini demi menjaga keamanan nasional. Pasalnya, banyak orang lalu-lalang masuk dan keluar AS dengan beragam motif.

“Di era digital, pengamanan untuk perangkat elektronik sangat esensial untuk penegakan hukum dan perlindungan warga AS,” kata dia.

“Otoritas CBP akan terus diuji secara hukum, agar bertanggung jawab dan konsisten dengan kepercayaan publik,” ia menambahkan.

Menurut dia, inspeksi ponsel dan perangkat elektronik selama beberapa tahun terakhir mencegah berbagai tindakan kriminal, mulai dari yang ringan hingga berat.

“Kebijakan ini terbukti mencegah aksi terorisme, pornografi anak, dan mengontrol kejahatan lainnya, seperti penggelapan dan kecurangan visa,” ia menuturkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (9/1/2018), dari National Public Radio.

Sebanyak 30.200 smartphone dan perangkat elektronik lainnya yang diinspeksi sepanjang 2017 memang terdengar banyak. Kendati begitu, rasionya hanya 0,007 persen dari jumlah pelancong internasional yang bertandang ke AS.

Sebab, agen CBP pun harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan menginspeksi perangkat elektronik seseorang. Begitu juga dengan penyalinan untuk analisa lebih lanjut, harus ada alasan yang kuat untuk melakukannya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/09/08364787/bea-cukai-as-boleh-salin-isi-ponsel-yang-dicurigai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke