Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Play Store Catat Rekor Unduhan Aplikasi Terbanyak

Angka tersebut merupakan rekor baru untuk jumlah unduhan aplikasi terbanyak di Play Store, sekaligus jauh melampaui capaian yang diraih toko aplikasi iOS, Apple App Store. Dibandingkan App Store di kuartal yang sama, jumlah download aplikasi di Play Store lebih tinggi 145 persen.

Berdasarkan laporan dari firma riset mobile App Annie, pada kuartal keempat 2017, angka download di Play Store mengalami pertumbuhan 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian ini didorong oleh para pengguna Android di negara-negara berkembang seperti Indonesia, India, dan Brazil. Untuk India, negeri itu untuk pertama kalinya menyalip Amerika Serikat di kuartal keempat 2017, dalam hal jumlah total unduhan dari App Store dan Play Store.

Apa saja aplikasi yang populer diunduh? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (27/1/2018), kategori aplikasi permainan (game), finansial, dan personalisasi adalah yang paling banyak diunduh di Play Store.

Aplikasi finansial juga populer di App Store. Tren ini didukung oleh perilaku kalangan perbankan dan investasi yang aktivitasnya mulai banyak bergeser ke perangkat mobile, terlebih sejak menanjaknya popularitas cryptocurrency macam bitcoin. 

Selain angka unduhan aplikasi yang naik, Play Store dan App Store juga mencatat peningkatan belanja pengguna lewat in-app purchase pada kuartal keempat 2017. Dalam hal ini App Store mengalahkan Play Store.

Nilai belanja konsumen di App Store mencapai kisaran 11,5 miliar dollar AS, nyaris dua kali lebih tinggi (95 persen) dibandingkan consumer spending di Play Store.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/27/10170077/google-play-store-catat-rekor-unduhan-aplikasi-terbanyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke