Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elon Musk Kerja Tanpa Digaji Tesla Selama 10 Tahun ke Depan

Sebagai gantinya, Elon Musk akan diberikan sejumlah saham, saat target operasional Tesla terpenuhi. Saat ini, ada 12 target pencapaian yang harus dipenuhi Elon Musk sebagai CEO dalam 10 tahun ke depan.

Target pertama yang harus dicapai oleh Tesla di bawah kepemimpinan Musk adalah menjadikan produsen mobil listrik itu menjadi korporasi dengan valuasi senilai 100 miliar dollar AS (Rp 1.333,3 trilun).

Target ini rasanya mudah diraih, sebab saat ini Tesla sudah memiliki valuasi sekitar 60 miliar dollar AS (sekitar Rp 800 triliun). Ketika target tersebut tercapai, Musk berhak memiliki 1,7 juta saham Tesla sebagai ganti dari gaji bulanan yang seharusnya diterima. Hal itu juga berlaku untuk 11 pencapaian lainnya.

Baca: Saudara Minta Diskon Mobil Tesla, Apa Jawaban Elon Musk?

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Minggu (28/1/2018), jika pengusaha kaya yang dijuluki "Iron Man" ini mampu melampaui semua target, valuasi Tesla akan mencapai 650 miliar dollar AS (sekitar Rp 8.666,7 triliun).

Nilai ini tentunya akan menjadikan Tesla sebagai salah satu perusahaan besar bernilai tinggi, sejajar dengan Microsoft, Apple, dan Alphabet saat ini.

Langkah Tesla untuk tidak menganggarkan gaji pada CEO-nya sebetulnya merupakan ide dari Musk sendiri. Dikenal sebagai sosok yang visioner, ia melakukannya sebagai bentuk pembuktian tekadnya membesarkan Tesla di hadapan para investor yang sudah menanamkan uangnya.

Tesla Model 3 dipilih sebagai produk massal, sebab sepanjang perjalanan Tesla, model ini merupakan produk paling laris. Ia banyak dipesan lantaran harganya lebih murah dibandingkan mobil listrik premium seri S.

Mobil sedan listrik dengan ukuran yang lebih kecil dibanding mobil sebelumnya ini dibanderol dengan harga sekitar 35.000 dollar AS (sekitar Rp 466,7 juta) per unit. Saat ini, Model 3 telah dipesan oleh 400.000 orang dan masuk dalam waiting list.

Bekerja tanpa digaji tentu saja tidak akan membuat Musk menjadi miskin. Sebab, sosoknya sendiri memiliki nilai sekitar 20 miliar dollar AS (Rp 266,7 riliun). Belum lagi sejumlah properti berupa lima unit rumah mewah di kawasan elit Los Angeles, Bel-Air.

Tidak hanya itu, Elon Musk juga tercatat sebagai salah satu pemegang saham Tesla. Saat ini, Musk memegang 25 persen saham Tesla.

https://tekno.kompas.com/read/2018/01/28/17102707/elon-musk-kerja-tanpa-digaji-tesla-selama-10-tahun-ke-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke