Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Posting Foto Instagram Bisa Dijadwal

Namun, fitur penjadwalan posting-an ini baru tersedia untuk Instagram versi bisnis. Artinya, untuk menggunakan fitur atur jadwal pada Instagram, pengguna harus terdaftar sebagai pelanggan berbayar.

Dengan adanya fitur ini, pengguna Instagram bisnis tak perlu lagi melakukan postingan berkala secara real time. Sebab fitur atur jadwal upload foto Instagram memungkinkan pelanggan berbayar dapat menumpuk kontennya terlebih dahulu sebelum posting. Dengan begitu, waktu yang digunakan pemilik bisnis untuk merancang konten bisa diatur se-efisien mungkin.

Fitur atur jadwal sebelumnya tidak tersedia untuk Instagram. Hanya saja, pengguna dapat mengakalinya dengan memasukkan atau menambah foto menuliskan caption tanpa menekan tombol posting.

Setelah itu, Instagram akan memperingatkan penggunanya bahwa ia memiliki sebuah foto yang belum selesai di-posting. Saat waktu yang diinginkan tiba, barulah pengguna bisa menekan tombol post di Instagram secara manual.

Meski baru tersedia untuk pengguna Instagram bisnis, Instagram menjanjikan jadwal ini dapat digunakan oleh seluruh pelanggannya. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (1/2/2018), fitur atur jadwal akan tersedia untuk pengguna Instagram versi reguler pada awal 2019.

Selain fitur atur jadwal, pembaruan di Instagram bisnis termasuk update Graph API yang digunakan utuk melihat infografis dari akun yang dikelola.

Pada versi lama, Graph API hanya dapat digunakan untuk melihat info dan profil dari akun yang dikelola oleh pemilik bisnis. Pada versi terbaru, pemilik bisnis dapat membandingkan  profilnya dengan akun pemilik bisnis lain.

Sebelum diterapkan pada Instagram, fitur atur jadwal posting telah tersedia di Facebook. Sama seperti yang dilakukan oleh instagram, fitur ini hanya tersedia untuk halaman fanpage. Sedangkan untuk pengguna reguler Facebook, fitur ini belum tersedia.  

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/01/08252297/posting-foto-instagram-bisa-dijadwal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke