Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merapikan Posting-an Instagram Tanpa Menghapus

Banyak yang berusaha menghapus "aib" di beberapa foto yang diunggah saat awal menggunakan Instagram, termasuk foto-foto dengan filter-filter baru yang pada jamannya menjadi "hits" namun terbilang "jadul" untuk sekarang.

Memang, di awal kemunculannya Instagram hanya memberikan opsi hapus untuk menghilangkan jejak foto seperti itu. Namun sekarang Instagram menawarkan opsi lain untuk menyembunyikan foto-foto yang "menghalangi" tampilan feed profil Instagram lebih menawan.

Opsi tersebut berupa fitur Arsip (Archieve) yang dirilis pertengahan 2017 lalu. Seperti namanya, fitur ini bekerja seperti kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, termasuk Instagram Stories pemilik akun.

Caranya pun mudah, pilih kiriman, bisa berupa foto atau video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas hingga muncul pop-up pilihan "Arsip" (Archieve).

Jika merasa foto tersebut sangat perlu untuk dipublikasikan lagi, pengguna bisa mengembalikan foto ke tempat semula.

Caranya, klik ikon jam di laman Profil yang terletak di bagian atas, kemudian pilih "kiriman diarsipkan" (Posts Archieve) dan pilih foto yang ingin ditampilkan kembali. Pilih "tampilkan di profil" (show in profile) pada pop-up.

Secara otomatis, foto akan kembali ke laman Profile secara utuh tanpa menghilangkan jumlah like dan komentarnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Life Wire, Kamis (1/2/2018).

Tak hanya foto atau video, fitur Arsip juga bisa memperpanjang umur Instagram Stories yang sedianya hanya 24 jam.

Cukup buka profil Instagram, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Gulir kebawah hingga menemukan opsi "pengaturan cerita" (Story setting). Pada opsi "menyimpan" (Saving) aktifkan pilihan "simpan ke arsip" (Save to Archieve).

Maka stories Anda akan bisa dilihat berulang kali tanpa khawatir akan hilang setelah 24 jam. Cara melihat Stories yang diarsipkan pun sama seperti membuka arsip kiriman. Kemudian pilih opsi "arsip cerita" (Stories Archieve). Stories akan muncul beserta tanggal stories tersebut dibuat.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/01/19430077/cara-merapikan-posting-an-instagram-tanpa-menghapus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke