Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Bikin Chip Penambang Bitcoin

Raksasa elektronik asal Korea Selatan yang sekaligus merupakan salah satu pabrikan chip terbesar di dunia tersebut kabarnya memasok hardware untuk sejumlah klien, termasuk Bitmain di China.

“Bisnis foundry Samsung sekarang terlibat dalam pembuatan chip untuk menambang cyptocurrency. Namun, kami tak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang para pelanggan kami,” sebut seorang juru bicara Samsung.

Bisnis foundry di dalam divisi semikonduktor Samsung bergerak di bidang pembuatan chipset untuk perusahaan lain (contract manufacturing).

Jenis chip yang dibuat oleh Samsung untuk mining cyrptocurrency bukanlah CPU atau GPU (pengolah grafis) seperti biasa terdapat dalam komputer atau gadget, melainkan ASIC alias application-specific integrated circuit.

Berbeda dari prosesor utama yang dibuat untuk menangani berbagai macam proses, ASIC secara khusus dirancang untuk menangani satu tugas saja dengan sangat efisien, dalam hal ini mining cryptocurrency.

Sebab itulah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (2/2/2018), angka permintaan terhadap chip ASIC untuk mining kini melonjak seiring dengan meningkatnya popularitas cryptocurrency.

Proses mining sendiri menggunakan sumber daya komputasi dari para pengguna cryptocurrency secara kolektif untuk mengolah transaksi yang terjadi di dalam jaringan. Untuk bitcoin, mining akan menghasilkan imbalan berupa kepingan bitcoin baru.

Semakin lama proses mining semakin berat dan menuntut daya komputasi yang tinggi pula. Selain ASIC, chip jenis lain yang populer digunakan untuk mining adalah GPU di kartu-kartu grafis komputer.

Pabrikan chip asal Taiwan, TSMC sebelumnya dikabarkan mendapat tambahan pemasukan antara 350 juta hingga 400 juta dollar AS per kuartal, dari membuat chip ASIC untuk mining cryptocurrency.

Belum jelas berapa tambahan pendapatan yang diperoleh Samsung dengan terjun ke bisnis tersebut. BIsnis chip Samsung secara keseluruhan diketahui menghasilkan pendapatan hingga 69 miliar dollar AS per tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/02/09000047/samsung-bikin-chip-penambang-bitcoin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke