Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Baru Google, Bisa "Booking" Hotel dan Tiket Pesawat

Menariknya, fitur ini dilengkapi dengan filter harga, nama hotel, maupun jenis maskapai berikut jadwal ketersedian tiket atau kamar. Artinya, Google dapat memberi rekomendasi dan perbandingan mengenai tempat menginap serta maskapai penerbangan bagi pengguna.

Google juga menyediakan sejumlah informasi mengenai maskapai dan hotel yang bersangkutan, termasuk foto-foto dan fasilitas apa saja yang tersedia. Booking bisa langsung dilakukan dari Google Search.

Saat sedang mencari penerbangan lewat Google Flights di Google Search, kolom baru bernama "Hotels" akan ditampikan di sebelah kanan kolom "Flights". Pengguna bisa langsung melihat apa saja hotel yang ada.

"Dengan begini, Anda dapat langsung meng-klik untuk melihat hotel apa saja yang tersedia, berikut harga-harganya, di kota tujuan pada tanggal yang sudah dipilih (sesuai jadwal penerbangan)," sebut Google dalam keterangan di blog resminya.

Hal yang sama berlaku sebaliknya, ketersediaan tiket pesawat untuk tanggal kepergian akan ditampilkan apabila pengguna lebih dulu memilih hotel.

Ingin ke tempat lain? Kolom "More Destinations" menyediakan rekomendasi tempat-tempat tujuan yang mungkin menarik bagi pengguna.

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Engadget Rabu (7/2/2018), rekaman booking yang pernah dilakukan dengan Google atau tiket reservasi aktif di Gmail akan ditampilkan di kolom "Your Travel" yang bersifat privat untuk pengguna.

Sebelumnya, Google Search hanya mendukung fitur pencarian penerbangan serta, harga dan jadwal ketersediaan hotel berikut ulasanya saja, sedangkan booking dilakukan melalui aplikasi lain.

Adanya fitur baru pada aplikasi Google yang satu ini tentu saja memberi warna baru bagi pengguna yang senang melancong. Sebab, pengguna dapat mengakses seluruh informasi perjalanan lewat satu aplikasi (Google Search), langsung dari smartphone di genggaman tangan.

Menurut Google, pembaruan ini akan muncul secara bertahap untuk Google Search mobile di sejumlah negara dalam beberapa hari ke depan. Sayangnya, Google tak merinci negara mana saja yang dimaksud. Belum jelas pula apakah pengguna di Indonesia bakal kebagian atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/07/16340037/fitur-baru-google-bisa-booking-hotel-dan-tiket-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke