Salin Artikel

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Resmi Meluncur

Acara dimulai pukul 18.00 waktu setempat atau 00.00 dinihari pada Senin (26/2/2018) di Indonesia.

Di atas panggung peluncuran, CEO Samsung Mobile, DJ Koh, mengatakan, tahun 2017 lalu ada 1,2 triliun foto yang dijepret, 10 miliar video, dan lima gigaliun emoji yang dibagi via smartphone. Ini menunjukan bagaimana komunikasi visual dibangun di smartphone dan memengaruhi kebiasaan kita.

"Kami berikan kepada Anda Galaxy S9 dan S9 Plus," kata DJ Koh sambil memamerkan dua smartphone terbaru Samsung tersebut untuk kali pertama.

DJ Koh mengatakan, duo flagship ini dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan smartphone premium yang elegan.

Kapasitas RAM dan memori Galaxy S9 dirasa cukup dengan perpaduan 4 GB/64 GB. Sementara itu, varian Galaxy S9 Plus lebih garang dengan kapasitas RAM dan memori 6 GB/256 GB. Jika kurang, pengguna bisa mengekspansi hingga 400 GB melalui kartu microSD.

Galaxy S9 memiliki kamera utama berkualitas 12 megapiksel dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4. Ini adalah yang pertama kali diterapkan pada kamera smartphone dan diklaim mampu menghasilkan gambar yang apik di segala kondisi, terang maupun gelap.

Fitur lainnya pada komponen kamera adalah perekaman video “super slow-motion” dengan frame rate 960 fps di resolusi 720p atau 240 fps dengan resolusi 1080p. Video 0,2 detik bisa diperpanjang menjadi enam detik.

Kemampuan super slow-motion tersebut diklaim setara dengan yang tertera pada kamera profesional. Pengguna mampu meningkatkan efek dramatis pada momen-momen berharga.

Galaxy S9 Plus dibekali kamera serupa, tetapi ditambah kamera kedua untuk telephoto. Ini adalah kali pertama Samsung memberlakukan kemampuan kamera yang berbeda pada seri Galaxy S varian standar dan Plus.

Lensa telephoto Galaxy S9 Plus memungkinkan penjepretan dengan efek bokeh untuk objek-objek portrait. Modul kamera dan pemindai sidik jari pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus disusun secara vertikal di punggung perangkat, bukan horisontal seperti pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Fitur andalan lainnya dari lini Galaxy S9 dan S9 Plus termutakhir ini adalah "My Emoji". Seperti yang diprediksi sebelumnya, My Emoji merupakan emoji super fleksibel yang bisa  disesuaikan dengan wajah asli pengguna. Diharapkan komunikasi virtual antar-pengguna bisa lebih ekspresif dan relevan.

Dari segi audio, Galaxy S9 dan S9 Plus akan dilengkapi dengan speaker buatan vendor audio AKG. Lebih menariknya lagi, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus tetap mempertahankan colokan earphone 3,5 mm.

Belum diketahui harga dan ketersediaan Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia. Merujuk pengalaman yang sudah-sudah, biasanya seri Galaxy S diboyong sebulan setelah rilis resmi atau sekitar Maret mendatang. (Update: Ini Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Indonesia)

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/26/00223777/samsung-galaxy-s9-dan-s9-plus-resmi-meluncur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.