Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Jepretan Kamera "Dual Aperture" Galaxy S9

Biasanya kamera smartphone hanya memiliki aperture lensa yang bersifat fixed alias tidak bisa diganti-ganti, mentok di angka tertentu. Tak cuma itu, bukaan F/1.5 juga unik karena baru pertama kali ditemui pada smartphone.

Bukaan F/1.5 ini merupakan peningkatan dari yang sebelumnya cuma F/1.7. Ini menegaskan embel-embel “Camera Reimagined” yang diusung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Aperture mengacu pada lebar bukaan lensa (entrance pupil) tempat cahaya masuk, sebelum mengenai sensor pengambil gambar di kamera. Semakin besar bukaannya, maka semakin banyak cahaya yang masuk. Dalam hal ini, bukaan F/1.5 lebih besar ketimbang F/2.4.

Alhasil, bukaan F/1.5 diproyeksikan untuk membidik foto dalam kondisi minim cahaya (low-light). Sementara itu, F/2.4 untuk menjepret momen dalam kondisi normal atau banyak cahaya.

Kamera Galaxy S9 dan S9 Plus akan otomatis beralih dari bukaan F/1.5 ke F/2.4, pun sebaliknya. Semua tergantung kebutuhan pencahayaan.

Jika ingin lebih banyak mengutak-atik, pengguna kamera Galaxy S9 dan S9 Plus bisa memilih mode “Pro” pada aplikasi kamera. Selain mengganti bukaan secara manual, mode Pro juga memungkinkan pengguna menyetel ISO, white balance, shutter speed, dkk.

Penasaran dengan hasil jepretan F/1.5? Berikut beberapa hasil foto dengan kamera Galaxy S9.

Sementara di sisi kanan menggunakan penyetelan aperture F/1.5, focal lengthh 4.30mm, ISO 50, dan exposure 1/15 detik.

Foto kedua memperlihatkan gedung di belakang ikon Musee du Louvre. Foto kiri menggunakan aperture F/2.4, focal length 4.30mm, ISO 50, dan exposure 1/15 detik. Sementara foto kanan menggunakan aperture F/1.5 dengan penyetelan lainnya serupa dengan foto kiri.

Foto ini dibidik secara indoor, yakni di dalam restoran Luderee, Paris, pada pukul 17.27 waktu setempat. Foto kiri menggunakan penyetelan aperture F/2.4, focal length 4.30mm, ISO 500 danexposure 1/15 detik. Foto kanan aperture-nya F/1.5, dengan penyetelan lainnya serupa foto kiri.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/28/10150057/hasil-jepretan-kamera-dual-aperture-galaxy-s9

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke