Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy S9 Bisa Ukur Tekanan Darah Tanpa Alat Tambahan

Samsung membenamkan sensor optik di duo flagship tersebut, untuk mengukur tekanan darah pengguna, langsung dari smartphone tanpa ada tambahan alat. Lantas, aplikasi akan memberikan informasi tekanan darah dan tingkat stres pengguna tiap hari.

Salah satu tujuan aplikasi My BP Lab ini adalah untuk menyediakan umpan balik secara kontekstual dan ilmiah, sehingga pengguna akan memperoleh informasi untuk memahami kesehatan mereka dan mampu mengatur kesehatan mereka lebih efektif.

"Kami senang bekerja sama dengan UCSF untuk memanfaatkan sensor ini dan berkontribusi untuk penelitian yang akan memberikan manfaat kesehatan bagi pengguna kami", ujar Senior VP and Leader of the Health Service Team Samsung, Peter Koo.

Akurasi pengukuran tekanan darah dan tingkat stres akan ditingkatkan kedepannya dengan pengumpulan data dari ribuan pengguna di dunia nyata.

Ketika pengguna membuka aplikasi My BP Lab, pengguna akan diundang untuk bergabung dalam penelitian UCSF selama tiga minggu, untuk melacak tingkat stres dan bagaimana emosi dapat mempengaruhi kesehatan sehari-hari.

Nantinya, pengguna akan memberikan laporan tentang pola perilakunya sehari-hari seperti pola tidur, olahraga, dan diet. Kemudian, pengguna akan menggunakan sensor yang tertanam di smartphone untuk mengukur tekanan darahnya.

Dari masukan yang diterima melalui aplikasi, pengguna bisa melihat pada hari apa tingkat stresnya cukup tinggi atau bagaimana kualitas tidur mereka mempengaruhi tekanan darah pada pagi hari.

"Penelitian ini dapat memberikan kumpulan data terbesar tentang stres, pengalaman emosional sehari-hari, dan tekanan darah," jelas profesor psikiatri UCSF, Wendy Berry Mendes, PhD.

Dilansir KompasTekno dari Samsung News Room, Kamis (1/3/2018), aplikasi My BP Lab mulai bisa diunduh di Google Play Store pada 15 Maret mendatang. Program tersebut baru tersedia bagi pengguna Galaxy S9 dan S9 Plus di Amerika Serikat yang berusia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, Samsung juga pernah menyelipkan aplikasi kesehatan bernama S Health di Galaxy S4 pada 2013 silam.

Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengukur berat badan, gula darah, dan tekanan darah. Kompetitor Samsung, Apple juga memiliki aplikasi serupa bernama Healthbook di iPhone 5S.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/13395587/galaxy-s9-bisa-ukur-tekanan-darah-tanpa-alat-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke