Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Mulai Adopsi “eSIM”, Ponsel Tak Perlu Kartu SIM Fisik

Beda halnya dengan embedded SIM alias eSIM, yakni chip yang tertanam langsung di dalam perangkat. Chip ini menyimpan profil operator seluler yang bisa diganti-ganti (saat ingin berganti operator seluler) tanpa harus menukar kartu.

Konsumen di China kini sudah bisa mencicipi teknologi eSIM seiring dengan langkah operator seluler China Unicom yang telah meresmikan kehadiran eSIM besutannya di enam kota, yakni Shanghai, Guangzhou, Shenzen, Zhengzhou, dan Changsa.

Selain tak perlu memakai kartu SIM fisik, dengan eSIM, pengguna bisa memakai nomor ponsel yang sama untuk dua perangkat secara bersamaan. Tentu dibutuhkan perangkat yang sudah mendukung kemampuan eSIM.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechNode, Jumat (9/3/2018), Apple Watch Series 3 menjadi perangkat pertama di China yang mendukung eSIM.

Apple Watch Series 3 sebenarnya sudah dirilis di China pada November 2017 lalu, sebelum operator seluler China siap dengan eSIM. Gadget tersebut sempat mengalami masalah koneksi, sehingga Apple mengembalikan uang konsumen China yang terlanjur membeli Apple Watch Series 3.

China Unicom sendiri menjadi satu-satunya operator seluler yang menyediakan eSIM di Negeri Panda, setidaknya hingga saat ini. Untuk mendorong adopsi pengguna, China Unicom menggelar promosi biaya langganan lebih murah untuk eSIM kedua hingga akhir 2018.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/09/09130037/china-mulai-adopsi-esim-ponsel-tak-perlu-kartu-sim-fisik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke