Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisnis Ponsel Bekas Tumbuh Lebih Besar dari Ponsel Baru

Penjualan ponsel bekas pada 2017 lalu mendekati angka 140 juta unit, dan berbanding terbalik dengan pasar smartphone global baru yang hanya meningkat sedikit, yakni 3 persen di tahun yang sama.

Smartphone bekas di sini, pada dasarnya adalah sisa unit smartphone yang belum terjual, lalu dikumpulkan untuk diremajakan atau diperbaiki, kemudian dijual lagi di pasaran.

Dalam laporan berjudul "Refurbished Smartphone Tracker", ada beberapa kelas smartphone bekas yang menarik karena segi harga, yang tergantung pada jumlah ketersediaan perangkat dan permintaan konsumen untuk model-model tertentu.

"Dengan pertumbuhan 13 persen, smartphone bekas saat ini tumbuh hampir 10 persen dari total pasar smartphone global", jelas Research Director Counter Research, Tom Kang.

Menurut Kang, rendahnya pertumbuhan smartphone baru di pasar global pada 2017 lalu berkaitan dengan pertumbuhan bisnis smartphone bekas.

"Inovasi yang lamban membuat smartphone flagship dua tahun lalu, secara desain dan fitur setara dengan kebanyakan smartphone mid-range baru saat ini", imbuh Kang sebagaimana KompasTekno kutip dari Digit India, Jumat (9/3/2018).

Sementara smartphone kelas mid-low-end banyak dikanibalkan, atau komponen-komponen yang masih layak pakai digunakan kembali pada smartphone bekas kelas high-end.

Smartphone kelas high-end yang mendapat kanibalisasi, kebanyakan adalah lini iPhone dan Samsung Galaxy.

Menurut Peter Richardson yang juga menjabat sebagai Research Director di Counterpoint Research, cukup mengejutkan mengetahui pertumbuhan pasar smartphone tertinggi pada 2017 bukan di India atau pasar negara berkembang lain, namun justru pasar smartphone bekas.

Menurtunya, hal ini akan memperlambat pasar smartphone baru di tahun 2018. Apple dan Samsung menjadi vendor yang mendominasi pasar smartphone bekas daripada pasar smartphone baru.

Keduanya memegang pangsa pasar tiga perempat pasar smartphone bekas, dengan Apple yang memimpin dengan selisih angka yang cukup signifikan. Dari sisi pendapatan, keduanya juga meguasai lebih dari 80 persen pendapatan pasar smartphone bekas.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/09/10150037/bisnis-ponsel-bekas-tumbuh-lebih-besar-dari-ponsel-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke