Salin Artikel

Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS

CIRP mengatakan loyalitas pengguna Android meningkat dan stabil sejak awal 2016 lalu. Padahal, pada awal 2014, tingkat loyalitas pengguna iOS masih lebih tinggi ketimbang Android.

Kala itu tingkat loyalitas pengguna iOS mencapai 83 persen, sementara Android cuma 78 persen. Artinya, pengguna Android lebih mudah beralih ke iOS ketika hendak upgrade ponsel.

Akhir 2014, pengguna iOS dan Android punya tingkat loyalitas yang sepadan. Lantas pelan-pelan loyalitas pengguna Android memuncak hingga berada di angka 91 persen pada Desember 2017.

Tingkat loyalitas pengguna iOS sebenarnya juga meningkat, tetapi tak semasif pengguna Android. Saat ini kesetiaan pengguna iOS terpaut antara 85 persen hingga 88 persen.

“Pada titik ini hanya ada dua sistem operasi mobile, maka pengguna bisa memilih satu, belajar, berinvestasi pada aplikasi dan memori, serta setia denganya,” kata pendiri CIRP, Mike Levin.

“Apple dan Google sekarang perlu mencari tahu bagaimana menjual produk dan layanan ke para konsumen loyal,” ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (11/3/2018), dari Techcrunch.

Perlu dicatat, penelitian soal tingkat loyalitas ini mengambil sampel pengguna di Amerika Serikat. Selain itu, basis pengguna Android sendiri lebih besar ketimbang pengguna iOS.

“Karena basis pengguna yang tinggi, angka absolut yang beralih ke iOS dari Android tetap besar atau lebih besar ketimbang pengguna yang beralih ke Android dari iOS,” kata Mike Levin.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/11/11370017/membandingkan-kesetiaan-pengguna-android-dan-ios

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.