Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamera Ponsel Zaman "Now" Tak Kalah dari Mirrorless dan DSLR

Menurut pria yang telah menggeluti dunia fotografi selama 20 tahun ini, dalam beberapa aspek bahkan kamera smartphone yang beredar saat ini, lebih unggul daripada mirrorless maupun DSLR. Misalnya dari segi kepraktisan dan ukuran.

Ia menilai ukuran smartphone yang cukup kecil dan ringkas membuat pengguna bisa semakin cepat mengabadikan momen yang tidak terduga.

"Kamera profesional dengan ukuran yang besar kadang membuat orang merasa terintimidasi. Beda dengan smartphone yang kecil dan ringkas, gampang di bawa ke mana-mana dan pengguna tidak kehilangan momen.

Misalnya saat adu balap. Pengguna smartphone tinggal klik, kamera pun siap," ujar David yang menjadi salah satu pembicara dalam acara “Gadget Story”, Rabu (15/9/2018), di Caribou Coffee, Lotte Avenue Kuningan, Jakarta Selatan.

"Misalnya di museum atau di tempat lain. Ada beberapa tempat yang tidak diperbolehkan membawa masuk kamera. Dengan smartphone ini gampang banget. Melengkapi kebutuhan di tempat di mana saya tidak bisa membawa kamera besar," lanjutnya.

Dalam perbandingan penggunaan DSLR dan kamera smartphone, David pun memberikan perhatian lebih pada fitur yang tersemat di kamera smartphone.

Menurutnya, fitur-fitur seperti super slow-motion yang dimiliki Samsung Galaxy S9 bisa memberi perbedaan yang cukup mencolok dari segi pengalaman penggunaan, antara kamera ponsel dan profesional.

"Fitur slow motion adalah kelebihan (smartphone) dibanding kamera mirrorless. Slow motion ini bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Misalnya saat momen tiup lilin ulang tahun, atau saat ada orang yang dilempar ke kolam renang," kata David.

Kendati demikian menurut David memang tidak bisa begitu saja beralih sepenuhnya dari penggunaan kamera profesional ke smartphone. Ia menggunakan kamera smartphone dan profesional sesuai porsi dan kebutuhan.

"Saya adalah fotografer profesional dan untuk pekerjaan belum bisa dikatakan 100 persen ganti ke smartphone. Tapi kamera smartphone ini bisa untuk menambah footage yang dibutuhkan secara instan misalnya dengan slow motion tadi," ujar David.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/16/20100047/kamera-ponsel-zaman-now-tak-kalah-dari-mirrorless-dan-dslr

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.