Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Sebut Internet Asian Games 2018 Lebih "Panas" dari Malaysia

"Broadband-nya lebih heat daripada di Malaysia tahun lalu, itu juga yang jadi harapan dari Inasgoc (Indonesian Asian Games 2018 Organizing Comittee)," kata Nugroho Adi Wibowo, General Manager Network Engineering and Project Jabotabek Jabar, di acara media gathering di Kuta, Bali, Selasa (20/3/2018).

Telkomsel sendiri mengklaim telah menyelesaikan pemasangan jaringan broadband di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sebagai pendukung ajang multi-nasional, Asian Games 2018.

Telkomsel juga telah melakukan serangkaian uji coba di event-event yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, salah satunya adalah saat final Piala Presiden beberapa saat lalu.

Dengan kondisi stadion yang penuh, sekitar 80.000 penonton, Telkomsel mengklaim berhasil melakukan live streaming secara mulus melalui Instagram dan Facebook.

Soal kecepatan broadband di kompleks GBK, setelah dilakukan pengujian, kecepatan download puncak diklaim mencapai 351 Mbps, tepatnya di lokasi Pintu Utara.

Kecepatan itu bisa tercapai berkat teknologi 4G dual-carrier (FDD dikombinasikan dengan TDD) yang digunakan untuk jaringan outdoor.

Sementara di indoor, seperti di lantai 3 ruang VVIP GBK, tempat di mana tamu-tamu negara menonton pertandingan, kecepatan broadband mencapai 259 Mbps. ??Kecepatan ini tercapai berkat penggunaan teknologi MIMO (multiple input multiple output) FDD.

"Tinggal digosok sampai bulan Agustus nanti biar kinclong," ujar pria yang kerap disapa Dadi itu.

Asian Games 2018 sendiri akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/21/07390087/telkomsel-sebut-internet-asian-games-2018-lebih-panas-dari-malaysia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke