Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Tambahkan Fitur "Main Dulu Sebelum Unduh" di Play Store

Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa mencoba lebih dulu aplikasi game sebelum mengunduh dan menginstalnya di perangkat Android.

Beberapa game awal yang masuk ke Google Play Instant, antara lain Clash Royale, Solitaire, Bubble Witch 3 Saga, Mighty Battles, Words with Friends 2, dan Final Fantasy XV.

Untuk memanfaatkan fitur Play Instant caranya cukup mudah. Setelah membuka Google Play Store dan memilih salah satu game di atas, klik opsi "info detail" lalu pilih "coba sekarang" (play), maka pengguna akan disuguhkan simulasi game yang bisa dicoba dulu sebelum di-download.

Sebenarnya, Google Play Instant telah dikembangkan Google sejak dua tahun lalu. Fitur ini memungkinkan aplikasi Android dibuka di web browser lewat sebuah URL khusus. Sehingga, pengguna Android bisa mengakses fitur sebuah aplikasi lebih dulu tanpa harus mengunduhnya.

Selain Play Instaant, Google juga menambahkan menu "Arkade" dalam desain ulang Google Play Games yang akan menampilkan cuplikan permainan sebuah game. Ada pula tag baru seperti "New" dan Action (laga) yang membuat gamer semakin mudah menemukan game favoritnya.

Tak hanya itu, berdasarkan lansiran KompasTekno dari Cnet, Rabu (21/3/2018), Google juga berencana menambahkan koleksi video di YouTube dan berita seputar game favorit untuk menunjang skill gaming para gamer sehingga bisa lebih jago dalam bermain game.

Peningkatan fitur pada layanan game bukan tanpa alasan. Sebab, game menjadi unduhan paling tinggi di perangkat mobile. Tahun 2017 lalu, Google telah mencatatat kenaikan lebih dari dua kali lipat dari para pengguna Android yang memasang game di perangkatnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/21/09180017/google-tambahkan-fitur-main-dulu-sebelum-unduh-di-play-store

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke