Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IBM Rilis Komputer Terkecil di Dunia, Lebih Mungil dari Butiran Beras

Meski mungil, perangkat tersebut sudah lengkap terdiri dari prosesor, memori, dan unit komunikasi yang tertanam di sebuah motherboard khusus. Daya komputasinya sebanding dengan komputer desktop x86 dari era 1990-an.

Memang tenaganya tidak sebesar chip mobile masa kini, apalagi komputer desktop modern. Namun, ia memang diperuntukkan bagi keperluan berbeda, yakni melacak keaslian dan pengiriman dengan basis teknologi distributed ledger.

Distributed ledger adalah rekaman transaksi terdesentralisasi  yang digunakan sebagai dasar teknologi cryptocurrency alias mata uang virtual.

Dalam hal pengiriman barang ini, komputer mungil IBM bisa berfungsi sebagai semacam “watermark digital” yang terbenam di barang untuk mencegah pemalsuan dan penyalahgunaan dalam jalur logistik.

“Teknologi (komputer mungil) ini akan memberikan solusi baru untuk persoalan keamanan makanan, keaslian komponen, barang-barang hasil relayasa genetika, serta identifikasi barang palsu dan asal-usul barang mewah,” sebut Kepala Riset IBM, Arvind Krishna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Rabu (21/3/2018).

Di luar logistik, masih banyak kemungkinan penggunaan lain untuk komputer mini yang belum bernama tersebut. Bahkan, dengan beberapa ratus ribu transistor yang terdapat di dalamnya, sang komputer nantinya bisa saja menjalankan program kecerdasan buatan sederhana.

Si komputer mungil kini nasih berada dalam tahap pengembangan. IBM belum mengungkapkan kapan ia akan siap digunakan di industri, kecuali prediksi “dalam lima tahun ke depan”.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/21/11310027/ibm-rilis-komputer-terkecil-di-dunia-lebih-mungil-dari-butiran-beras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke