Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Kuasai Jabotabek-Jabar dengan 45 Juta Pelanggan

Dari seluruh 45,5 juta pelanggan itu, 68 persennya merupakan pelanggan dari area Jabotabek. Dengan komposisi seperti itu, Telkomsel memimpin pangsa pasar pelanggan seluler dengan raihan 33,5 persen.

Sebelumnya, pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Telkomsel masih berada di kisaran 31 persen.

Corporate Communication Manager Telkomsel Area 2 (Jabotabek-Jabar), Singue Kilatmaka mengatakan, angka tersebut susah untuk dikejar, mengingat persaingan di area Jabotabek-Jabar sangat sengit dengan operator seluler lainnya.

"Dari 31 ke 33 persen itu effort-nya berat, karena Jabotabek-Jabar sering dijadikan barometer pemanfaatan layanan baru," kata Singue di sela jumpa media di Kuta, Bali, Selasa (20/3/2018).

Menurut Singue, pertumbuhan itu didorong oleh pelanggan kartu prabayar. Bahkan, penjualan kartu prabayar pada kuartal IV 2017 lalu, diklaim meningkat hingga 55 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di daerah-daerah pelosok di area Jabotabek-Jabar, banyak pelanggan prabayar yang tiap bulanya mengisi pulsa mencapai Rp 500.000.

Pelanggan tersebut kebanyakan adalah pelanggan 2G/3G yang masih menggunakan feature phone, dan lebih banyak melakukan panggilan telepon (voice) alih-alih pelanggan data.

Walau pelanggan voice cukup banyak, namun mayoritas pelanggan Telkomsel di area Jabotabek-Jabar telah menjadi pelanggan data, yakni sebesar 56 persen. Jumlah itu naik 43,4 persen dari tahun lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/21/12183027/telkomsel-kuasai-jabotabek-jabar-dengan-45-juta-pelanggan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke